Layanan Publik

Begini Cara Urus Visi ke Amerika

ACEHTERKINI.COM | Jika anda hendak mengurus visa ke Amerika, dianjurkan membaca dengan seksama syarat dan ketentuan yang sudah ditentukan oleh Kedutaan Besar Amerika di Jakarta. Berikut petunjuk bagi anda orang Aceh.

Laman ustraveldocs sangat membantu anda mendapat petunjuk mengurus visa ke Amerika. Disarankan sebelum mengambil sikap, anda diminta menyiapkan akte kelahiran, surat nikah, KTP, ijazah, dan buku rekening bank yang menyebutkan jumlah uang yang anda miliki.

Kemudian anda telusuri ustraveldocs untuk membayar visa anda. Anda bisa melihat katagori jenis visa yang anda inginkan beserta jumlah uang yang akan anda bayar (sangat tergantung kurs dollar). Lalu anda pergi ke Medan, Sumatera Utara atau ke daerah lain yang memiliki Standar Chartered Bank atau boleh juga ke Bank Permata.

Di Medan, Standar Chartered Bank berada di areal Hotel Danau Toba. Bank ini buka Senin-Jum’at dan tutup sampai pukul 15.30 wib. Anda cukup sampaikan tujuan membayar visa ke Amerika dan kemudian anda diberikan slip pembayaran.

Slip pembayaran jangan hilang, anda harus mencatat receipt number. Disarankan anda membayar visa tersebut pada Hari Senin – Kamis jam kerja. Jika anda membayar hari Jum’at maka anda tidak bisa langsung mendaftar jadwal wawancaranya, harus menunggu Hari Senin.

Setelah membayar visa, langkah berikutnya anda pergi ke studio foto dan untuk membuat foto visa ke Amerika, klik disini. Lalu anda mengisi form DS-160 dengan teliti secara online. Anda cukup mencatat nomor ID application. Setelah tuntas mengisi DS-160, isikan foto yang sesuai dengan permintaan pihak kedutaan. Kemudian Anda diminta untuk mencetak lembar konfirmasi.

Berikutnya anda jadwalkan wawancara dengan pihak kedutaan Amerika di Jakarta Pusat. Membuat jadwal wawancara tersebut anda harus mendaftar ke laman ini (bagi non imigrant). Kemudian pastikan anda membuat jadwal yang tepat.

Ada dua kelompok jadwal wawancaranya yaitu A, anda harus berada di Kedutaan pukul 06.30 wib dan kemudian kelompok B harus tiba pukul 08.30 wib. Jangan lupa ada mencetak jadwal wawancara tersebut.

Pastikan anda menuliskan bahwa visa anda akan dikirimkan ke alamat RPX yang terdekat dengan daerah anda, bisa di Medan atau di Jakarta. Untuk alamat Aceh belum tercover jasa pengiriman tersebut.

Tinggal selangkah lagi. Susun rapi berkas anda, bukti transfer visa, lembar konfirmasi DS-160 dan jadwal wawancara serta pas foto layar putih ukuran 5×5 cm satu lembar, sertakan juga surat-surat dalam satu map.

Berangkat ke Jakarta. Sampai di Bandara Sukarno Hatta, anda bisa naik bus Damri tujuan Gambir. Lalu anda naik taxi ke penginapan. Penginapan sangat sederhana dan penginapan Islami, anda bisa ke Wisma Haji di Jalan Jaksa.

Sampai di penginapan, anda harus bangun pagi menuju Kedutaan Amerika di Jakarta Pusat. Anda bisa naik taxi dan sampai di pintu gerbang kedutaan, anda diminta antri dan berbaris. Jangan membawa tas dan handphone, cukup menggenggam map yang berisi berkas anda, pengamanan sangat ketat. Lalu anda dipersilahkan masuk.

Beberapa menit kemudian anda telah selesai mengikuti wawancara. Lalu anda diberikan kertas putih yang artinya anda berhasil mendapatkan visa ke Amerika. Jika anda mendapatkan kertas hijau atau kuning berarti berarti berkas anda belum lengkap. Tapi jika anda mendapat kerta warna merah artinya anda ditolak pergi ke Amerika.

Jika anda mendapat kertas putih, satu minggu kemudian, anda menerima pesan email dari kedutaan bahwa visa anda segera diambil ke alamat RPX yang telah anda sepakati. Selamat jalan ke Amerika. [red]

To Top