Kesehatan

Warga Seurkei Langkahan Keluhkan Mobil Ambulan

ACEHTERKINI.COM | Berbicara sektor kesehatan, sepertinya masih banyak yang harus ditingkatkan dipedalaman Kecamatan Langkahan, Kabupaten Aceh Utara. Yang paling utama bagi masyarakat ujung kecamatan itu adalah penyediaan mobil ambulan yang memadai.

Masyarakat dibeberapa desa dikecamatan itu, seperti Gampong Seurkei dan Luboek Pusaka mengakui tidak mudah untuk berobat sejauh ini. Adapun Puskesmas Pembantu (Pustu) di daerah mereka, itupun tidak memiliki mobil ambulan yang bersedia ditempat selama 24 jam.

Sementara Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan itu juga berada di Gampong Langkahan. Jarak tempuh antara Gampong Seurkei, Luboek Pusaka dengan Langkahan mencapai 16 Kilometer.

“Kami butuh ambulance yang stanbay di lokasi Pustu setempat. Sebab, butuh waktu yang lama untuk menempuh jarak sekitar 16 Kilometer menuju Puskesmas Langkahan. Bahkan tidak jarang para kaum ibu yang secara mendadak melahirkan dalam perjalanan. Coba bayangkan,” kata Geucyik Seurkei, Sardilan, kepada wartawan, Jum’at (20/02/2015).

Hal yang sama juga disampaikan oleh Ahlimad, (50), mantan Geusyik Gampong Lubok Pusaka. Menurutnya, dengan kondisi jalan yang tidak layak sama sekali tentu tidak mudah untuk menempuh jarak yang begitu untuk berobat ke tingkat Kecamatan.

“Yang memang sangat terisolir disini. Kita berharap ya, ini satu-satunya yang terpenting bagi masyarakat khususnya soal kesehatan. Lain halnya berbicara masalah pendidikan,” kata Ahlimad, mengeluhkan.

Menyikapi hal ini, Kepala Dinas Kesehatan Aceh Utara, dr. Effendi, M.Kes, mengatakan sejauh ini pihaknya telah menyiapkan dua ambulan yang standby 24 jam di Puskesmas Langkahan itu.

Sementara untuk menjawab keluhan masyarakat, Dinas Kesehatan juga akan mengupayakan satu unit lagi mobil ambulan untuk desa yang sangat terisolir dan ambulan tersebut akan disediakan di pustu Seurkei.

“Di Pustu memang tidak kita stanbaykan ambulance, yang ada hanya di masing-masing Puskesmas dua unit ambulance. Namun kita siap untuk mengupayakan keluhan warga,” kata dr. Effendi, M.Kes menjelaskan. [Jamal]

To Top