Ekonomi

Tunjangan Anak, Suami/Istri Tidak Dihapus, Tapi ..

ACEHTERKINI.COM | Menyusul beredarnya informasi penghapusan tunjangan anak, suami/istri PNS sempat meresahkan para pengabdi Negara di Aceh. Sejumlah PNS mengaku kaget dengan informasi tersebut. Meminta Presiden RI, Joko Widodo mempertimbangkan kembali keputusan tersebut.

Mengutip laman Kementerian Dalam Negeri (3/2/2015) dan seperti yang disampaikan Setiawan Wangsaatmaja, Deputi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) bahwa kabar penghapusan tunjangan tersebut tidak benar.

“Tidak ada tunjangan yang dihapus,” katanya.

Pasca PNS berganti nama menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) diatur tiga penghasilan yaitu Gaji, Tunjangan Kinerja dan Biaya Kemahalan.

Tunjangan anak, istri/suami dan tunjangan beras tetap diterima oleh ASN, tetap digabung dalam satu kompenen pembayaran yaitu gaji tunggal.

Sedangkan kompenen tunjangan profesi tetap mengacu pada capaian kinerja setiap tahun. Sementara kompenen biaya kemahalan ditetapkan berdasarkan region.

Setiawan menambahkan pemberlakuannya masih menunggu peraturan pemerintah (PP). Pada prinsipnya paling cepat dijalankan tahun depan. Sedangkan aturan Gaji tunggal ini akan diterapkan pada 2017 mendatang.

Pertimbangan lainnya, aturan potongan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Seperti diketahui, semakin besar gaji yang diterima, maka potongan dua asuransi pegawai itu juga ikut tinggi.

“Jadi nanti komponen gaji tunggal mungkin untuk PNS baru atau yang masih lama pensiunnya,” pungkas Setiawan. [red]

To Top