Pendidikan

Seleksi Calon Mahasiswa Al-Azhar Tidak Lagi Di Medan

ACEHTERKINI.COM | Calon mahasiswa(i) yang akan melanjutkan pendidikan ke Universitas Al-Azhar Mesir kini tidak lagi bersusah payah ke Medan, Sumatera Utara untuk mengikuti test seleksi.

“Kita sedang upayakan dalam tahun 2015 ini, pelaksanaan test seleksi Calon Mahasiswa(i) Al-Azhar Mesir dapat dilakukan di Kota Banda Aceh,” kata Ketua Ikatan Alumni Timur Tengah (IKAT), Fadhil Rahmi.

Kepala Kantor Kementerian Agama Wilayah Aceh, Ibnu Sa’dan menyambut baik usulan tersebut. Saat menerima kunjungan Keluarga Besar IKAT diruang kerjanya, Selasa (10/2/2015), Ibnu Sa’dan mengatakan Kementerian Agama wilayah Aceh siap mendukung pelatihan dan pelaksanaan test bagi Calon Mahasiswa(i) Al-Azhar Mesir di Kota Banda Aceh.

Rencana ini sebelumnya sudah disampaikan Ketua IKAT Aceh melalui pendekatan nonformal dengan pihak Kementerian Agama RI di Jakarta.

“Sudah ada lampu hijau untuk menjadikan Banda Aceh sebagai salah satu tempat seleksi Calon Mahasiswa(i) Al-Azhar Mesir, sehingga putra-putri Aceh tidak bersusah payah ke Medan, Sumatera Utara,” ujar Fadhil Rahmi.

“Insya Allah untuk menunjang test tersebut, IKAT akan melaksanakan Pelatihan selama sebulan bagi calon Mahasiswa yang notabenenya para tamatan Dayah/Pesantren maupun MAN sebagai bekal persiapan test nantinya,” jelas Fadhil.

Upaya ini juga disambut baik oleh Walikota Banda Aceh, Illiza Sa’aduddin Djamal. Dalam pertemuannya dengan Keluarga Besar IKAT, Walikota Banda Aceh membicarakan banyak hal terutama menyangkut pelaksanaa Syariat Islam di Aceh.

”Silahkan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bernuansa islami dan membawa kebaikan kepada ummat. Karena untuk mewujudkan Banda Aceh sebagai Model Kota Madani, kita perlu dukungan berbagai pihak. Dan dengan kekuatan Alumninya, untuk muatan keislaman, IKAT saya rasa bisa mengambil peran besar,” pungkas Illiza. [red]

To Top