Lingkungan

Populasi Babi di Aceh Jaya Berkurang

Tim Perbakin Musnahkan 481 Ekor

ACEHTERKINI.COM | Populasi babi di Kabupaten Aceh Jaya sudah semakin berkurang. Wisata berburu pada awal tahun 2015 yang dilakukan Perbakin Cabang Aceh Jaya berhasil memusnahkan 481 ekor.

Ketua Pelaksana, Hanasri ST mengatakan awal tahun ini berhasil dimusnahkan 481 ekor babi.

“Angka ini turun drastis setelah pada tahun 2012 lalu tim Perbakin memusnahkan 700 ekor babi,” sambung Ketua Perbakin Sumatera Utara, Musa Idisyah saat penutupan acara berburu, Minggu (1/2/2015).

Musa menyakinkan populasi hama babi di Aceh Jaya sudah mulai berkurang.

“Hama babi tidak boleh dimusnahkan semua, alasannya pemangsa lain seperti Harimau tidak ada lagi makanan sehingga akan turun kampong untuk mencari makanan, kita tidak boleh memusnahkan semua hama babi, cukup mengurangi populasinya agar tidak menganggu tanaman masyarakat,” ujar Musa Idisyah.

Mewakili Bupati Aceh Jaya, Azhar Abdurrahman, Kepala BPMPKS Aceh Jaya, Yasman Hijar memberikan apresiasi atas kegiatan wisata berburu tahun 2015 tersebut.

“Kegiatan ini bisa dilakukan rutin, sangat memungkinkan jika dapat dilakukan ajang perlombaan berburu. Tujuan untuk mengusir hama babi yang sering merusak lahan pertanian dan perkebunan milik masyarakat,” demikian Yasman Hijar. [putra]

To Top