Pendidikan

“Minggu Baca Rame-Rame” Berlangsung di Aceh Jaya

ACEHTERKINI.COM Dalam rangka mengatrol minat baca masyarakat, Rumah Baca Cahaya Nanggroe (RBCN) Aceh Jaya bekerjasama dengan Rumah Baca Aneuk Nanggroe (Ruman) Aceh meluncurkan kegiatan MIBARA (Minggu baca rame-rame) di gedung tsunami (escape building) Desa Dayah Baro Calang, Minggu (8/2/2015).

Direktur Ruman Aceh, Ahmad Arif mengatakan kegiatan tersebut mengadopsi MIBARA yang telah dilakukan oleh Ruman Aceh di lapangan Blang Padang, Banda Aceh sejak 18 Mei 2014 lalu.

Setiap Minggu pagi jam 7.30 hingga 11.00 WIB Ruman Aceh menggelar beragam bahan bacaan.

“Dalam memeriahakan peluncuran MIBARA kita mengadakan mewarnai beramai-ramai yang di ikut sertakan para anak Paud yang berada di daerah calang dan sekitarnya,” jelas Arif

Direktur Ruman Aceh, Ahmad Arif kepada acehterkini menjelaskan berdasarkan data United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO), 2011,  indeks membaca masyarakat Indonesia hanya 0,001. Artinya, dari seribu penduduk, hanya ada satu orang yang masih memiliki minat baca tinggi.

“Oleh karena itu, minat baca anak perlu dipupuk dengan menyediakan buku-buku yang menarik dan representatif  bagi perkembangan mereka. Apabila kebiasaan membaca telah tertanam pada diri anak, maka setelah dewasa mereka akan merasa kehilangan apabila sehari saja tidak membaca,” ujar Arif.

Arif menmabahkan bagi para pengunjung mendapatkan kesempatan untuk melakukan meminjam buku baik berupa majalah secara cuma-cuma atau gratis. Bacaan yang dipinjamkan maka dapat dikembalikan kepada MIBARA pekan berikutnya.

Pada kesempatan ini Bupati Aceh Jaya Ir Azhar Abdurrahman berserta Bunda Paud Fitri maya Lisa turut hadir dan mendukung kegiatan tersebut. (Hendra)

To Top