Sosial

Masyarakat Aceh Utara Diminta Waspadai Lembaga Ilegal

ACEHTERKINI.COM | Pemerintah Kabupaten Aceh Utara meminta masyarakat untuk berhati-hati terhadap lembaga-lembaga ilegal. Himbauan tersebut disampaikan Bupati setempat H. Muhammad Thaeb melalui Kabag Humasnya Drs. Amir Hamzah, terkait adanya laporan tentang sebuah lembaga yang tengah berkembang bebas dikabupaten itu baru-baru ini. Pemerintah tidak setuju jika lembaga yang bernama AUDEC tersebut begitu leluasa merangkul masyarakat setempat.

Lembaga itu disingkat degan nama AUDEC (Kabupaten Aceh Utara Development Committee). “Hal ini perlu diwaspadai oleh masyarakat, apalagi masyarakat yang mau menjadi anggota lembaga itu diimingi-imingi akan memperoleh gaji sampai jutaan rupiah tanpa harus bekerja. Secara logika hal ini tidak mungkin, sebab itu kita himbau agar masyarakat berhati-hati,” kata Drs. Amir Hamzah, saat ditemui media ini, Rabu (18/02/2015).

Pemerintah Kabupaten Aceh Utara secara resmi telah menerima laporan yang berbau isu miring terhadap lembaga AUDEC. Lembaga yang belum jelas bandarnya itu dilaporkan telah merekrut sejumlah masyarakat dibeberapa kecamatan. “Karena pada kops surat lembaga itu tertulis sebagai Panitia Pembangunan Kabupaten Aceh Utara,” kata Amir Hamzah menjelaskan.

Dalam hal ini, kata Amir Hamzah, Pemerintah Kabupaten Aceh Utara tidak menyalahkan sebuah lembaga atau institusi yang lahir di tengah-tengah masyarakat apalagi untuk tujuan kemanusian. “Kita hanya menyayangkan munculnya AUDEC tanpa disertai dengan laporan resmi dan koordinasi dengan institusi terkait di tingkat kabupaten,” terang mantan Camat Tanah Jambo Aye ini.

Agar legalitas kegiatan sebuah lembaga itu menjadi jelas, menurutnya perlu diperhatikan. Jika sebuah lembaga sudah tercatat secara resmi, maka legalitas kegiatan dan operasionalnya menjadi jelas dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Kita tak ingin muncul kerasahan di tengah-tengah masyarakat, apalagi jika kemudian timbul gejolak yang tidak kita inginkan,” demikian pinta Drs. Amir Hamzah. [Jamal]

To Top