Ekonomi

Kelola Sawit, Warga Dan Perusahaan Bangun Pola Kemitraan

Iustrasi [infoswait.com]

ACEHTERKINI.COM | Pemerintah kabupaten Aceh Jaya melakukan sosialisasi   kepada masyarakat pante kuyun dan masyarakat Gampong Baroh Kecamatan Setia Bakti Aceh Jaya terkait pengelolaan Kemitraan dengan PT. Pilar Bumiputra Jaya di lahan 2.530 hektar dalam penanaman sektor pertanian Sawit.

Kepala Desa Pante Kuyun Muntasir mengatakan pola kemitraan dengan perusahaan ini disepakati pemberiaan lahan kepada masyarakat 2 hektar.

“Kami menyambut baik pola kemitraan ini dengan harapan ekonomi masyarakat bisa meningkat,” ujar Muntasir.

Ditanggapi Kepala Dinas Perkebunan dan Kehutanan Aceh Jaya, Saiful Bahri bahwa lahan plasma yang tersedia hanya 530 hektar dan lahan inti seluas 2.000 hektar. Jumlah KK dalam dua desa tersebut 255 Kepala Keluarga dengan system pengelolaan kemitraan.

“Pola kemitraan ini sangat di harapkan dapat membantu perekonomian masyarakat dengan pembangunan perkebunan yang terarah,” ujar Saiful Bahri.

Pola kemitraan ini disambut baik Bupati Aceh Jaya, Azhar Abdurrahman. “Pihaknya akan menandatangani pemberian lahan jika masyarakat telah menyetujui, pemanfaatan lahan akan dikelola oleh PT. Bumiputra Jaya,” ujar Azhar.

“Tanpa persetujuan masyarakat maka pemerintah tidak dapat melakukan dalam mengeluarkan izin pengelolaan,” terang Azhar.

Azhar berharap kepada perusahaan yang akan mengelola lahan kosong yang disetujui masyarakat agar dapat lebih serius dengan dalam menumbuhkan perekonomian masyrakat dan tidak terhenti di tengah jalan.

Namun bagi masyarakat yang menyerahkan lahannya kepada perusahaan agar meninjau kembali lahan-lahan yang tersedia akan untuk di sisakan dalam pengelolaan tanaman lainnya

Turut hadir dalam kesempatan tersebut ketua DPRK Musliadi Z, Asisten I Setdakab Ichwan S.sos dan Perwakilan PT Bumiputra Jaya, Alfis. [rep-111]

To Top