Ekonomi

Kapal Pembawa Gas Kargo Ini Tiba di Lhokseumawe

ACEHTERKINI.COM | Kapal bermuatan gas ini tiba di pelabuhan PT. Arun NGL, Lhokseumawe, Kamis (19/02/2015). Kapal tersebut berasal dari Tangguh, Provinsi Papua. Gas yang dibawanya ini akan disuplaykan untuk PLN Batam yang tujuannya menghidupkan kawasan industri di Aceh dan Sumatera Utara.

“Kita harapkan PLN dapat memanfaatkan gas secara optimal untuk pembangkit listrik dan pengembangan kawasan industri di Sumatera Utara dan Aceh,” kata Presiden Perta Arun Gas, Teuku Khaidir, Kamis (19/02/2015).

Berdasarkan penuturan Khaidir dalam acara penyambutan gas kargo pertama di PT. Arun, kargo kedua nantinya dijadwalkan akan tiba di Aceh pada awal bulan Maret 2015 mendatang. Disana, setiap bulan, terminal bisa menampung sampai tiga kargo gas. Dengan gas tersebut dipastikan mampu memenuhi kebutuhan gas industri untuk Aceh dan Sumatera Utara.

Selain itu, gas tersebut diharapkan juga dapat menghidupkan kembali perusahan-perusahan vital di Aceh seperti PT.Aceh Asean Fertilizer (AAF), dan PT.Kerta Kraf Aceh (KKA). Kedua perusahaan ini telah lama kritis tanpa gas alam. Sementara PT. PIM saat ini juga membutuhkan gas normal.

Operator terminal ini menyebutkan, PT. Arun sangat menantikan kargo perdana dari Tangguh LNG. Hal ini menandakan bahwa pihaknya telah siap beroperasi secara penuh dan mulai memasok gas yang dibutuhkan Indonesia. Melalui kapasitas Regas Unit terpasang sebesar 405 MMSCFD, diharapkan PLN dapat memanfaatkan gas secara optimal untuk pembangkit listrik dan pengembangan kawasan industri di Sumatera Utara dan Aceh. [Jamal]

To Top