Kesehatan

Jumlah Pasien Penyakit Jiwa di Aceh Jaya Menurun

Seminar Kesehatan Jiwa di Aceh Jaya menghadirkan delegasi
kesehatan jiwa Hedmark University College, Norwegia, Prof. Arild Granerud. [Arif]

ACEHTERKINI.COM | Wakil Bupati Aceh Jaya, Tgk Maulidi mengatakan jumlah pasien jiwa setiap tahunnya menurun. Pada tahun 2013 ada sekitar 437 orang turun di 2014 menjadi 415 orang.
”Dinas Kesehatan Aceh Jaya harus melakukan sistem jemput bola terhadap pasien jiwa dengan berkonsultasi dengan keluarganya, sehingga masalah si pasein dapat teratasi,” pinta Tgk. Maulidi saat menghadiri seminar kesehatan jiwa di Aula Dinas Kesehatan Aceh Jaya, Kamis (12/2/2015).

Ia mengatakan jumlah pasien jiwa yang sudah mandiri sebanyak 321 orang di tahun 2013. Sedangkan pada tahun 2014 berjumlah 296 orang.

”Saat ini ada 51 gampong siaga sehat jiwa (GSSJ) yang sudah dibentuk untuk menangani masalah kejiwaan,” ujar Tgk. Maulidi.

Acara yang berlangsung selama satu hari ini menghadirkan delegasi kesehatan jiwa Hedmark University College, Norwegia, Prof. Arild Granerud.

Arild mengatakan sebanyak 2,7 % masyakat Aceh dan Jogjakarta mengalami gangguan kejiwaan, faktor tersebut adalah karna krisis yang tidak pernah terselesaikan, dan juga karna faktor alamiah. [Arif]
Seminar Kesehatan Jiwa di Aceh Jaya menghadirkan delegasi kesehatan jiwa Hedmark University College, Norwegia, Prof. Arild Granerud. [Arif]

To Top