Ekonomi

Hasil Tangkapan Nelayan di Seunuddon Berkurang

ACEHTERKINI.COM | Akibat kondisi cuaca yang tidak menentu akhir-akhir ini membuat hasil tangkapan nelayan tradisional di Kecamatan Seunuddon, dan Dewantara, Aceh Utara menurun dibandingkan biasanya. Kondisi tersebut membuat pendapatan nelayan tidak sesuai dengan harga beli solar mencapai Rp8.500 per liter.

“Untuk mendapatkan solar nelayan pesisir Seunuddon harus membeli di SPBU Pantei Breuh, Aceh Utara. Namun nelayan sering tidak mendapatkan solar subsidi, sementara solar yang dijual eceran harganya mencapai Rp8.500 per liter,” ujar Panglima laot Kecamatan Seunuddon, Amir Yusuf, Jum’at (21/02/2015).

Amiruddin menjelaskan, hampir seluruh keluarga di desa-desa pesisir Seunuddon merupakan nelayan tradisonal. Tidak kurang dari 1.280 boat warga setempat setiap hari mencari ikan di kawasan Selat Malaka. “Namun hasil tangkapan saat ini semakin menurun, sehingga biaya bahan bakar tidak sesuai dengan penghasilan nelayan,” sebutnya.

Hal yang senada juga disampaikan salah seorang nelayan Sunuddon, Tgk.Zakaria ( 35). Menurutnya, nelayan Seunuddon menggunakan boat ukuran 2 GT, dan butuh biaya bahan bakar Rp150.000 setiap kali melaut. Sedangkan penghasilan nelayan rata-rata hanya Rp200.000 setiap hari.

“Bahkan nelayan sering pulang tanpa hasil. Kami mengharapkan Pemkab Aceh Utara segera merealisasikan pembangunan solar packed dealer Nelayan (SPDN) di Seunuddon, yang pernah dijanjikan beberapa waktu lalu,” katanya.

Bukan hanya di kecamatan Seunuddon, nelayan Kecamatan Dewantara juga mengalami nasib serupa, pendapat nelayan Dewantara tidak sesuai harga solar untuk bahan bakar boat mereka. “Kami sudah capek mengeluh pada pemerintah untuk dibangun SPDN, namun hingga kini tak ada tanda tanda akan dibangun,” ujar Panglima Laot Dewantara, Didi darmadi.

Sementara Kadis Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Aceh Utara, Usman, mengatakan, dalam waktu dekat nelayan  Seunuddon akan bisa mendapatkan solar di SPDN yang akan dibangun di kecamatan setempat. Menurutnya, pembangunan SPDN dilakukan dengan pola kerjasama kemitraan antara PT.Mawaddah Putri Mandiri dengan koperasi Na Beureukat. [Jamal]

To Top