Kesehatan

Berhasil Tangani Malaria, Aceh Jaya Didatangi Tamu 5 Provinsi

Bupati Aceh Jaya, Azhar Abdurrahman bersama dengan rombongan study banding terkait keberhasilan penanganan malaria di Kabupaten Aceh Jaya.

ACEHTERKINI.COM | Kabupaten Aceh Jaya menjadi salah satu daerah yang berhasil menerapkan mikroskopis menuju eliminasi malaria. Lima provinsi di wilayah timur Indonesia melakukan study banding melihat keberhasilan tersebut.
Ketua Tim Study Banding, Umar Bin Abdul Aziz mengatakan para tamu dari lima provinsi ini akan mempelajari upaya pencegahan yang telah berhasil dilakukan Aceh Jaya untuk dapat diterapkan di daerahnya masing-masing.

Lima provinsi tersebut adalah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara dan Nusa Tenggara Timur (NTT). Tim berjumlah 25 orang.

Dr. Diah Armi selaku Kasubdit Mikro Dirjen B.U.K Direktorat penunjang medis KEMENKES RI juga ikut memberi apresiasi kepada Bupati Aceh jaya beserta jajaranya yang telah berhasil mengatasi dan menguarangi angka pasien malaria.

“kami akan terus melakukan koordinasi dengan semua pihak untuk tahapan selanjutanya, saya harap peserta bisa memetik pengalaman di Aceh Jaya yang akan di bawa pulang daerahnya,” jelas Diah.

Bupati Aceh Jaya, Azhar Abdurahman menyambut baik kedatangan rombongan yang melakukan study banding ini.

“Pada tahun 2012-2013, Aceh Jaya sangat rawan dengan penyakit malaria, ini disebabkan pada tahun tersebut banyak masyarakat melakukan tambang emas sehingga dampak yang terjadi banyak warga yang terjangkit malaria,” kata Azhar.

Namun pada tahun 2014, kata Azhar jumlah pasien malaria turun drastis. “Dari 1.400 kasus pada tahun 2013 turun menjadi 400 kasus di tahun 2014,” terang Azhar, Rabu (18/2/2015).

Langkah yang ditempuh, kata Azhar mengoptimalkan sosialisasi bahaya malaria terutama bagi penambang emas.

Billi Peserta study Banding dari manokwari Papua Barat menjelaskan berbagai pelayanan kesehatan saat ini sebagaimana telah di lakukan peninjauan di lapangan sangat bagus dengan harapan agar dapat di lakukan peningkatan semaksimal mungkin. [rep-111]

To Top