Nasional

Australia Harus Hormati Kedaulatan NKRI

Australia Harus Hormati Kedaulatan NKRI
Tonny Abbot

ACEHTERKINI.COM | Pemerintah Indonesia harus tegas terhadap eksekusi hukuman mati yang akan dilakukan terhadap dua warga negara Australia, meskipun ancaman telah dikeluarkan oleh negara tersebut.
Pakar hukum internasional Universitas Padjadjaran Bandung, Atip Latipulhayat mengatakan pihak Australia memiliki hak untuk mengajukan permohonan keringanan terhadap dua warga negaranya.

Namun hal itu harus dilakukan dengan cara-cara diplomatis dan tidak dalam bentuk ancaman.

”

Harus dibedakan, ketika Australia memohon untuk tidak dieksekusi, itu adalah hak mereka,” ujar Atip di Jakarta, Minggu (22/2/2015).

Menurutnya, sebagai negara tetangga Australia harusnya bisa menghargai sikap dan keputusan yang telah dikeluarkan Indonesia terkait hukuman mati atas terpidana narkoba.

“Namun ketika Indonesia yang memiliki kedaulatan hukum tidak menerimanya, maka Australia harusnya jangan melakukan tindakan-tindakan yang intervensif dan menunjukkan ketidakhormatan terhadap kedaulatan hukum Indonesia,” kata dia.

Atip menilai pihak asing khususnya Australia telah salah memahami atas eksekusi mati dua warganya. Sebab jika mereka sadar perbuatan dua warga negaranya itu telah merugikan generasi muda di Indonesia. [inilah]

To Top