Nasional

Australia Ancam Boikot Indonesia, Larang Warganya Ke Bali

ACEHTERKINI.COM | Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop mengancam memboikot Indonesia termasuk melarang warganya berkunjung ke Pulau Bali. Pernyataan ini dikutip dari laman Sekretariat Kabinet RI, Senin (16/2/2015).

Statemen Menteri Luar Negeri Australia ini menyusul adanya rencana Indonesia melakukan eksekusi hukuman mati kepada Andrew Chan dan Myuran Sukumaran yang tertangkap menyelundupkan 8 kilogram heroin di bandara Denpasar Bali pada tahun 2005.

Sebelumnya juga Perdana Menteri Australia Tony Abbot telah mengatakan akan melakukan balasan diplomatik yang setimpal jika Indonesia mengeksekusi warganya.

Abbott menegaskan,  warganya muak dengan rencana eksekusi mati Pemerintah Indonesia terhadap dua warganya, Andrew Chan dan Myuran Sukumaran. Oleh karena itu, Australia akan terus menekan Pemerintah Indonesia untuk membatalkan hukuman mati tersebut.

Meskipun diprotes Australia, pemerintah menegaskan akan terus melakukan eksekusi mati bagi terpidana mati narkotiba dan obat-obatan (narkoba).

Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla mengatakan, Jaksa Agung HM. Prasetyo tetap akan melaksanakan eksekusi terhadap terpidana mati narkoba, termasuk terhadap dua warga Australia, yaitu Andrew Chan dan Myuran Sukumaran.

“Kita berpegang kepada hukum, berpegang kepada keputusan hakim dan Mahkamah Agung, tidak akan terpengaruh ke mana-mana,” kata Wapres Jusuf Kalla usai membuka Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) I Palang Merah Indonesia (PMI) di Jakarta, Senin (16/2/2015). [red]

To Top