Ekonomi

Alokasi Dana Gampong di Banda Aceh Rp 200 Juta

ACEHTERKINI.COM | Ketua DPRK Banda Aceh, Arif Fadillah mengatakan Kecamatan Jaya Baru merupakan salah satu kecamatan yang terbaik di Kota Banda Aceh.

Pemerintah pusat, kata Arif sudah mulai menitik-beratkan pembangunan pada gampong (red- desa).

“Dengan alokasi dana Rp200 juta dan Rp 20 juta diantaranya untuk kaum perempuan dalam menyusun berbagai rencana kegiatan,” katanya.

“Dana tersebut sebaiknya fokus pada capacity building dan membeli asset-aset gampong seperti mesin jahit dan sebagainya agar ekonomi warga bangkit,” ujar Ketua DPRK, Arif Fadillah.

Hal itu dikatakan Arif Fadillah pada saat Musrembang di Kecamatan Jaya Baru di aula kantor camat setempat, Selasa (17/2/2015).

Sementara itu, Walikota Banda Aceh Illiza Sa’aduddin Djamal berharap agar perempuan harus dilibatkan dalam perencanaan pembangunan karena hasilnya juga akan dinikmati oleh kaum perempuan sendiri.

“Mudah-mudahan Musrembang ini bisa menghasilkan perencanaan yang baik bagi Kecamatan Jaya Baru,” terang Illiza.

Terkait dana Gampong ini, Camat Jaya Baru, Wahyudi mengatakan dari Alokasi Dana Gampong (ADG) sebesar Rp200 juta per gampong, untuk Musrena oleh Balee Inong (red- Balai Perempuan) dialokasikan sebesar Rp 20 juta.

“Sisanya 70 persen kita plot ke pembangunan fisik dan 30 persen untuk non fisik seperti kegiatan sosial dan keagamaan,” ujar Wahyudi. [red]

To Top