Sosial

Aceh Tengah Akan Bangun Tugu Batu Giok

ACEHTERKINI.COM | Wakil Bupati Aceh Tengah, Khairul Asmara berkeinginan membangun monument berupa tugu batu giok di Kota Takengon.

“Ini menandakan selain daerah penghasil kopi Arabica, Kabupaten Aceh Tengah juga penghasil batu giok terbaik,” ujar Khairul Asmara, Minggu (1/5/2015).

Monumen batu giok kelak menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi masyarakat dataran tinggi gayo. “Inisiatif ini perlu mendapat dukungan dari semua pihak termasuk DPRK setempat,” kata Wakil Bupati Aceh Tengah.

Katanya, butuh 3 ton batu giok untuk membangun sebuah tugu. “Saya sudah sampaikan keinginan ini ke instansi terkait yaitu Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh,” ujar Khairul Asmara.

Untuk diketahui Kabupaten Aceh Tengah memiliki batu giok yang banyak ditemukan di wilayah lumut, gemboyah dan jagong kerab.

Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah telah mengeluarkan Peraturan Bupati yang mewajibkan pengenaan pajak pada objek giok yang di bawa keluar daerah. Kemudian objek giok yang di bawa itu tidak dalam bentuk bongkahan tapi sudah dalam bentuk perhiasan.

Pengolahan batu giok di Aceh Tengah telah membawa berkah bagi masyarakat setempat. [red]

To Top