Lingkungan

Aceh Jaya Siapkan 203,58 Hektar Ruang Terbuka Hijau

ACEHTERKINI.COM | Kepala Bappeda Aceh Jaya, Mawardi mengatakan pelaksanaan ruang terbuka hijau diterapkan secara keseluruhan pada tahun 2016. “Kita siapkan 203,58 hektar atau 30 persen dari luas perkotaan,” ujar Mawardi kepada acehterkini, Kamis (26/2/2015).

Ia menjelaskan Qanun Aceh Jaya Nomor 9 Tahun 2014 Tentang Tata Ruang Wilayah dalam pasal 46 ayat 10 poin h yang membuat lahan pemukiman perkotaan ditetapkan luas ruang terbuka hijau sebesar paling sedikit 30 persen dari luas kawasan perkotaan.

Rinciannya ruang terbuka hijau publik sebesar 20 persen dan ruang hijau privt 10 persen.

“Sasaran pembangunan ruang terbuka hijau untuk menciptakan keseragaman sarana pada kawasan pemerintahan, kawasan pendidikan, kesehatan, pertanuan dan kawasan rumah ibadah serta pemukiman,” ujar Mawardi.

Bupati Aceh Jaya, Azhar Abdurrahman telah mengintruksikan seluruh SKPK dalam Kabupaten Aceh Jaya agar target Ruang Terbuka Hijau tercapai pada tahun 2016.

“Keseimbangan untuk tempat publik dan kelestarian linkungan diharapkan dapat terwujud dengan ruang terbuka hijau ini,” ujar Azhar Abdurrahman. [hendra]

To Top