Layanan Publik

Walikota Langsa Resmikan Sejumlah Kantor Geusyik

ACEHTERKINI.COM | Kantor Geusyik di Kota Langsa diminta harus menjadi kantor pelayanan publik ditingkat Gampong. Hal ini diharapkan agar kedepannya tidak ada lagi alasan kalau pelayanan publik terkendala.

Hal ini disampaikan Walikota Langsa Usman Abdullah SE, saat melakukan peresmian sembilan kantor Geusyik yang dilaksanakan secara simbolis di Gampong Cinta Raja, Kecamatan Langsa Timur, Senin (26/01/2015).

Kata Usman, dengan adanya kantor Geuchik maka tidak ada lagi menyelesaikan segala permasalahan yang terjadi ditingkat gampong di warung kopi, tapi harus diselesaikan di kantor geuchik. Selain itu, tanamkan sikap toleransi, kebersamaan dan persaudaraan sesama masyarakat, agar terciptanya kerukunan bermasyarakat ditingkat gampong.

Kantor Geusyik merupakan sarana pendukung dalam mengoptimalkan pelaksanaan fungsi manajemen kerja organisasi yang memberikan citra dan kewibawaan para aparatur dalam melayani masyarakat ditingkat gampong. Selaij itu, salah satu faktor keberhasilan suatu organisasi juga terletak pada dukungan sarana dan prasaranan kerja, serta kualtias sumber daya manusianya dalam mewujudkan kelancaran dan ketertiban pelaksanaan administrasi di lingkungan kerjanya serta ikut terlibat pada tujuan dan kegiatan organisasi.

“Kami berharap agar keberadaan kantor geuchik ini dapat di rawat dan dipelihara dengan penuh tasa tanggung jawab, tidak saja oleh aparatur pemerintahan, namun juga oleh semua masyarakat dari gampong masing-masing. Sehingga, muncul kesadaran bahwa kantor geuchik ini adalah fasilitas milik bersama yang perlu dijaga,” kata Walikota yang kerap disapa Toke Sueum ini.

Sementara itu, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Kota Langsa, Abdullah Gade, menyebutkan sedikitnya ada sembilan kantor geuchuk yang diresmikan, dimana tujuh dibangun dengan menggunakan dana Otsus Kota Langsa tahun 2014 dan dua menggunakan dana APBK Langsa tahun 2014.

Seperti diketahui, tujuh kantor geuchik yang dibangun menggunakan dana Otsus itu yakni Kantor Geuchik Cinta Raja, Alue Pinang Timur, Matang Cengai masing-masing Kecamatan Langsa Timur. Kantor Geuchik Sungai Pauh Pusaka, Sungai Pauh Firdaus, keduanya Kecamatan Langsa Barat. Kantor Geuchik Meurandeh Kecamatan Langsa Lama dan Kantor Geuchik Suka Jadi Makmur Kecamatan Langsa Baro.

Sementara dua kantor geuchik yang dibangun menggunakan dana APBK Langsa yakni Kantor Geuchik Matang Setui dan Sungai Lueng, masing-masing Kecamatan Langsa Timur. Dan, pada tahun ini juga akan dibangun lima Kantor Geuchik dengan dana Otsus Kota Langsa tahun 2015 dan satu unit dari dana APBK Langsa.

Dalam hal membangun desa yang baik, pelayanan yang baik juga sangat diharapkan dari tingkat desa itu. Walikota berharap, dengan adanya fasilitas ini, masyarakat lebih leluasa dengan pengurusan ditingkat desa sebelum hal yang bersangkutan dengan pemerintah kecamatan. [Jamal]

To Top