Peristiwa

Syahid Panglima AGAM Tgk. Abdullah Syafi’I Diperingati

ACEHTERKINI.COM | Ribuan warga Aceh, Kamis (22/1/2015) berbondong-bondong menuju lokasi di Gampong Sukon, Kemukiman Cubo, Kecamatan Bandar Baru guna menghadiri peringatan syahidnya Tgk Abdullah Syafi’I, Panglima Angkatan Gerakan Aceh Merdeka (AGAM) pada 22 Januari 2002.

Tgk Abdullah Syafi’i yang lahir pada 12 Oktober 1947 di Matang Geulumpang Dua, Bireuen, di makamkan beriringan  dengan dua pengawalnya yaitu Tgk Muhammad dan Tgk M. Daud bin Hasyem, serta isterinya Ummi Fatimah.

Ketua Panitia pelaksana Tgk A. Bakar alias Bang Baka Reyeuk yang di minta keterangan di lokasi, mengatakan peringatan Syahid Tgk Abdullah Syafi’i merupakan hal yang sudah rutin dilakukan setiap tahun dan sudah menjadi tradisi.

Baka Rayeuk yang juga Eks GAM Libiya menjelaskan, peringati syahidnya Tgk Abdullah Syafi’I dirangkai bersamaan dengan acara Maulid Nabi Muhammad SAW, Santunan anak Yatim se-Kabupaten Pidie Jaya, dan Zikir Akbar.

Pihaknya juga memberikan santunan kepada anak yatim yang berjumlah lebih kurang 3100 orang, diberikan kain sarung dan sejumlah uang santunan, yang di serahkan Bupati Pidie Jaya Aiyub Abbas dan Kamaruddin (Abu Razak) Wakil Ketua KPA Pusat di lokasi kegiatan, di mana Tgk Abdullah Syafi’i di makamkan.

Hadir juga Bupati Pidie Sarjani Abdullah dan rombongan, para mantan kombatan wilayah Pidie Jaya, Pidie, Bireuen dan sekitarnya, Pasukan Inong Balee, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) dan Anggota DPRK Pidie Jaya serta jajaran pemda setempat.

Bupati Pidie Jaya Aiyub Abbas dalam pidatonya yang disampaikan dalam bahasa Aceh fasih mengatakan terimakasih kepada para panitia, anggota KPA/PA serta masyarakat dan semua pihak yang sudah bersatu padu dan kompak menyukseskan peringatan syahidnya Tgk Abdullah Syafi’i sebagai Panglima Perang Aceh. [Tar]

To Top