Layanan Publik

Sukarejo, Kampung Terbersih di Kota Langsa

ACEHTERKINI.COM | Gampong Sukarejo, Kecamatan Langsa Timur, Kota Langsa Provinsi Aceh tercatat sebagai salah Gampong terbersih dikota itu.

Gampong terbersih kedua selanjutnya disusul oleh Gampong Tualang Teungoh, Kecamatan Langsa Kota, dan terbersih ketiga didapat oleh Gampong Paya Bujok Tunong, Kecamatan Langsa Baro.

Penghargaan tersebut diumumkan oleh Pemerintah Kota Langsa, pada Rabu (07/01/2015), sesuai keputusan tertuang dalam Keputusan Walikota Langsa, Nomor:662/414.43/2014, tentang pemenang lomba gampong terbersih dan gampong tidak bersih tahap II tingkat Kota Langsa tahun 2014, yang dibacakan oleh Ketua Tim penilai gampong terbersih, Nasruddin, pada acara penyerahan hadiah lomba gampong terbersih dan mesjid termakmur, di aula Sekda Kota Langsa.

Dihitung, dari jumlah 6 kecamatan yang terdiri dari 66 desa dikota itu juga ada desa yang tidak bersih, yakni Gampong Sungai Pauh Firdaus, Kecamatan Langsa Barat, Gampong Alue Dua Bakaran Bate, Kecamatan Langsa Baro dan Gampong Simpang Wie, Kecamatan Langsa Timur.

Masjid Termakmur

Tak hanya didata tentang kebersihan desa, mesjid-mesjid termakmur dan tidak termakmur di Kota Langsa juga didata. Sesuai dalam Keputusan Walikota Langsa,Nomor: 641/451.2/2014, tentang Mesjid termakmur dan Mesjid tidak termakmur se Kota Langsa priode Juli hingga Desember 2014.

Mesjid termakmur I diraih oleh Mesjid Baiturrahim Gampong Paya Bujuk Seulemak, Kecamatan Langsa Baro, termakmur II diraih oleh Mesjid Rahmah Gampong Paya Bujuk Tunong, Kecamatan Langsa Baro dan termakmur III diraih oleh Mesjid Nurul Huda Gampong Teulaga Tujoh, Kecamatan Langsa Barat.

Sedangkan Mesjid tidak termakmur yakni Mesjid Darussalam Gampong Baroh Langsa Lama Kecamatan Langsa Lama, Mesjid Baitul Makmur Gampong Lengkong Kecamatan Langsa Baro dan Mesjid Baiturrahman Gampong Buket Meutuah Kecamatan Langsa Timur.

Wakil Walikota Langsa, Drs.Marzuki Hamid, MM, menyampaikan perlombaan gampong adalah salah satu kebijakan yang diambil Pemerintah Kota Langsa dalam mendorong keikutsertaan masyarakat secara aktif dalam seluruh proses pembangunan.

Selain itu, perlombaan gampong terbersih agar menjadi acuan bagi gampong-gampong yang ada di wilayah Pemerintah Kota Langsa untuk berusaha meningkatkan kebersihan gamping yang lebih baik.

Kemudian, dalam upaya untuk memakmurkan mesjid yang ada, Pemko Langsa telah melaksanakan berbagai upaya antara lain melalui safari magrib, safari subuh dan penilaian mesjid termakmur.

Lanjutnya, semua kegiatan ini dilaksanakan dengan maksud dan tujuan mendorong masyarakat agar dapat menghidupkan mesjid supaya sepenuhnya sebagai sarana peribahasa, syiar islam akan terpancar dari banyaknya jamaah shalat pada setiap waktu shalat. [Jamal]

To Top