Ekonomi

Semen Indonesia Akan Bangun Pabrik di Aceh

ACEHTERKINI.COM | PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) akan menjajaki untuk ekspansi pabrik baru di Aceh, Kalimantan atau mungkin di Papua. Hal tersebut dikatakan Direktur Keuangan Semen Indonesia Ahyanizzaman.

Dilansir beritasatu, Minggu (25/1/2015), Ia mengatakan SMGR juga akan menjajaki pembangunan pembangkit listrik(power plant) baru berkapasitas 200 megawatt (MW) di Tuban, Jawa Timur. Nilai investasi diperkirakan sebesar Rp 5-8 triliun.

power plant di Tuban akan menjadi power plant kedua perseroan. Proyek tersebut akan digarap mulai 2016. Sebelumnya, perseroan sudah memilikipower plant berkapasitas 100 MW di Tonasa, Makassar.

“Kami ingin bangun power plant di Tuban, karena pabrik semen di sana mengkonsumsi listrik yang banyak. Jadi nanti perseroan bisa menghemat biaya listrik,” kata Ahyanizzaman.

Ahyanizzaman menegaskan, dengan power plant sendiri, biaya listrik berpeluang diturunkan dari Rp 1.012 per kilowatt per jam (KWh) menjadi Rp 700-Rp 800 per KWh. Penurunan biaya tersebut bisa menguntungkan mengingat pabrik Tuban adalah salah satu sumber produksi terbesar Semen Indonesia.

Dia menambahkan, perseroan menjajaki beberapa skema dalam pembangunan power plant. Salah satunya adalah menggaet investor untuk membentuk perusahaan patungan (joint venture/JV). Jika pembangunan power plant bisa terealisasi tahun depan, proses konstruksi akan menghabiskan waktu dua sampai tiga tahun.

“JV itu adalah skema yang bagus. Saat ini masih dipelajari. Sempat ada (investor) yang mendekati. Tapi rencananya masih dimatangkan,” jelas Ahyanizzaman.

Sesuai rencana, selain untuk konsumsi listrik sendiri, power plant baru tersebut nantinya bisa disewakan apabila masih memiliki kapasitas yang mencukupi. Dengan begitu, proyek multiyears itu mampu berkontribusi terhadap pendapatan Semen Indonesia. [red]

To Top