Ekonomi

Sambut Swasembada Pangan, Bupati Gelar Rakor

ACEHTERKINI.COM | Sambut swasembada Pangan di Kabupaten Aceh Jaya, Bupati menggelar Rapat Koordinasi dengan seluruh stakeholder termasuk Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Bupati Aceh Jaya, Ir. Azhar Abdurrahman mengumpulkan semua mitra dan stakeholder termasuk para petani, kepala desa 5(lima) kecamatan di Desa Blang Dalam, Kecamatan Darul Hikmah, Senin (19/1/2015).

Menyahuti swasembada pangan 2015 ini Bupati Aceh Jaya mengajak partisipasi Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam mengembangkan potensi pertanian pangan tanaman jagung, padi dan kedelai.

“Kita mendukung agar para petani dan Babinsa TNI merapatkan barisannya ke depan agar lebih optimal tanpa mengharapkan imbalan,” kata Dandim 0114 Letnan Kolonel Infantri Deki Zulkarnen kepada acehterkini tadi.

Ini adalah menyahuti hasil kesepakatan antara Kementerian Pertanian bersama TNI AD agar kebutuhan pangan tidak lagi tergantung dari Malaysia, Thailand dan Vietnam.

“TNI siap bekerja keras bersama petani, TNI tidak mengharapkan imbalan apapun,” tegas Dandim.

Pada kesempatan itu, Bupati Aceh Jaya Azhar Abdurrahman mengatakan pengembangan sektor pertanian pada tahun 2015 akan mengarah kepada persiapan pengairan air untuk petani dan menyuplai pupuk dalam menghadapi hawa.

“Target 2015 ini bagaimana produksi kedelai 2.000 hektar, padi 1.500 hektar dan jagung 1.500 hektar bisa tercapai,” pinta Azhar optimis.

“Kita akan memberikan penghargaan kepada petani jika target tersebut tercapai, kita berikan penambahan untuk pengembangan lahan pertanian dalam meningkatkan ketahanan pangan untuk berdikari lebih mandiri,” demikian Bupati Aceh Jaya, Azhar Abdurrahman. [Hendra]

To Top