Ekonomi

Realisasi Anggaran Proyek Kantor Bupati Aceh Utara Capai 27 Miliar

ACEHTERKINI.COM | Proyek pembangunan kantor Bupati Aceh Utara di Lhoksukon sedang dikerjakan. Proyek yang menyerap anggaran Rp76 Miliar itu ditargetkan selesai pada awal tahun 2016 mendatang. Bangunannya terlihat seperti baru dipasang tiang-tiang dan kini mulai dikerjakan lantai dua, namun realisasi anggaran untuk proyek yang dikerjakan oleh PT. Lince Romauli Raya tersebut sudah mencapai 27 Miliar rupiah.

“Jika realisasi fisik sudah mencapai 27 Persen maka realiasi anggaran sudah mencapai 27 Miliar. Itu sama realisasinya,” kata Samsul Bahri, Kepala Bidang Pembangan Gedung dan Kantor, Dinas Cipta Karya, Kabupaten Aceh Utara, saat ditemui media ini, Senin (26/01/2015). Menurut Samsul, proyek tersebut ditargetkan selesai pada awal tahun 2016 mendatang.

Sementara itu, Ketua Komisi D di DPRK Aceh Utara, Samsuddin JS, mengatakan, proyek tersebut tidak bergantung pada jumlah anggaran yang diplot. “Sebab itu proyek Multi Years. Misalnya proyek dikerjakan dalam satu tahun, itu anggarannya terus direalisasi secara bertahap-tahap,” kata anggota DPRK bidang pembangunan itu.

Ditanya soal target dan prosedural anggaran proyek tersebut, Politisi Partai Aceh itu mengaku belum mengetahui persis terkait kebijakan perusahaan itu dan kondisi proyeknya.

Kantor Bupati Aceh Utara ini dibangun di Landing, Kecamatan Lhoksukon, persis depan kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), atau sekitar 200 meter dari arah jalan Banda Aceh – Medan. Pembangunannya dilakukan sejak tanggal 28 November 2013 lalu.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Aceh Utara juga membangun kantor Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) setempat yang lokasinya tak jauh juga dari lokasi proyek kantor Bupati itu.

Belum berhasil diperoleh informasi lebih rinci tentang proyek gedung legislatif yang satu ini, namun berdasarkan data yang diperoleh menyebutkan, dari jumlah total anggaran Rp40 Miliar kini realisasinya sudah mencapai 15 Miliar atau 32 persen. Gedung ini ditargetkan selesai pada akhir 2015 mendatang. [Jamal]

activate javascript

activate javascript

To Top