Ekonomi

PT.BEL Tuntaskan Program CSR 2014, Per Gampog Rp52.000.000

ACEHTERKINI.COM | PT. Bara Energi Lestari (PT BEL) merupakan Perusahaan Tambang Batubara di Kabupaten Nagan Raya telah sukses menuntaskan Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) yang mulai digulirkan pada awal tahun 2014 di seluruh Gampong wilayah operasionalnya.

Anggaran program PPM tersebut bersumber dari dana Corporate Social Responsibility (CSR) PT BEL tahun 2013.

Ada 10 Gampong di area kerja PT BEL, yaitu Gampong Krueng Mangkom, Alue Buloh, Paya Udeung, Kuta Aceh, Krueng Ceuko, Seumambek, Suak Bilie, Macah, Gunong Reubo dan Gampong Kuta Makmue.

Program PPM yang digelontorkan ini berjalan baik dan terlaksana sesuai dengan rencana hingga akhir 2014 atas partisipasi masyarakat gampong .

Pemerintah Nagan Raya khususnya Dinas Pertambangan dan Energi serta dinas terkait memberi dukungan penuh dalam mengawasi terhadap pelaksanaan implementasi program PPM tersebut.

Agus Salim, Supervisor Bidang Community Relation & CSR, Sabtu (17/1/2015) mengatakan sebagai pengelola dan pengendali program selalu berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Nagan Raya dan pemangku kepentingan lainnya di wilayah kerja perusahaan guna memastikan kegiatan dapat berjalan lancar.

Besarnya Anggaran program PPM 2014 adalah Rp. 520,000,000. Setiap Gampong mendapat alokasi Rp. 52,000,000.

Sementara itu, External Relation Superintendent PT BEL, Zahirsyah Oemardy selaku pimpinan Humas menyampaikan program PPM direalisasikan berdasarkan potensi desa setempat dengan acuan tujuh pilar program CSR, yaitu peningkatan kesehatan masyarakat, partisipasi aktif dalam kegiatan keagamaan, pendidikan dan pelatihan, pengembangan sarana desa, pengembangan sumber daya berbasis lahan, kemitraan UMKM, kewirausahaan dan pelestarian lingkungan.

Perusahaan di Nagan Raya menyalurkan program pengembangan masyarakat di Tahun 2014.

PT.BEL dan PT. MIFA di Nagan Raya menyalurkan program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat di Tahun 2014.

Selain program-program CSR yang diwajibkan, PT. BEL juga melaksanakan amanat Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 Tentang Pemerintah Aceh dengan ikut aktif dan berperan serta dalam kegiatan sosial masyarakat.

Salah satu contohnya, Kata Zahirsyah Oemardy adalah memberikan bantuan perawatan jalan-jalan ampong hingga berpartisipasi pada kegiatan MTQ Kabupaten dan TMMD Kodim 0116 Nagan Raya yang ke- 93 di Kecamatan Tadu Raya dalam tahun 2014.

“Kita berharap tahun 2015 PT. BEL mendapat dukungan dari masyarakat dan stakeholder agar dapat meningkatkan produksi yang seyognyanya akan menambah nilai Program PPM di Kabupaten Nagan Raya,” demikian External Relation Superintendent PT BEL, Zahirsyah Oemardy. [par/red]

To Top