Layanan Publik

Proyek Jalan dari Otsus 2014 Mulai Rusak

ACEHTERKINI.COM | Warga menuding proyek peningkatan pengaspalan jalan di Gampong Buket Jrat Manyang, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Kabupaten Aceh Utara dikerjakan asal jadi.

Baru beberapa bulan selesai dikerjakan, proyek yang bersumber dari dana Otsus 2014 mulai rusak.

Seperti yang disampaikan warga desa itu, Amin (50), kualitas proyek peningkatan pengaspalan jalan Buket Jrat Manyang – Babussalam Unit V Buket Hagu yang panjangnya 1.570 meter tersebut tidak dapat diandalkan sama sekali.

Kini, jalan aspal yang baru selesai dikerjakan mulai rusak dibeberapa titik, kemudian sepanjang drainase juga ikut roboh.

“Panjang jalan pun kurang 200 meter. Itu tidak dibuat lagi. Katanya, untuk dibuat drainase. Malah drainase pun sudah roboh,” katanya kepada media ini, Jum’at (16/1/2015).

Warga desa ini mengaku tidak bisa menerima kondisi jalan seperti itu. Warga mengklaim, kualitas jalan tidak sesuai jika dibandingkan dengan nilai kontrak sebesar Rp3.745.200.000.

Seperti yang terlihat di papan nama, proyek tersebut dilaksanakan oleh PT. Cipuga Perkasa pada 06 Juni 2014 dan selesai pada tanggal 06 Desember 2014.

Tanggapan Dinas Bina Marga Aceh Utara

Kepala Bidang Pembangunan Jalan dan Jembatan, Dinas Bina Marga Aceh Utara Ir. Hasanuddin Bintara ST membantah kondisi jalan seperti itu.

Menurutnya, tidak ada kejanggalan dalam proyek jalan tersebut.

“Kemarin di sana banjir, maka kondisi jalan hancur dikikis air. Soal jalan kurang dari 200 meter, mungkin sudah ada perjanjian sebelumnya antara rekanan dengan masyarakat setempat,” kata Hasan, saat dihubungi. [Jamal]

To Top