Hukum

Polda Aceh Targetkan Tangani 51 Kasus Korupsi

ACEHTERKINI.COM | Kepolisian Daerah Aceh menargetkan penuntasan 51 kasus korupsi di 23 kabupaten kota di Aceh pada tahun 2015. Kapolda Aceh, Irjen Pol. Husein Hamidi mengatakan target masing-masing kabupaten akan menuntaskan 2 kasus korupsi dalam satu tahun.

“Sedangkan untuk Polda Aceh sendiri target penuntasannya sebanyak 5 kasus korupsi dalam tahun 2015,” kata Kapolda Aceh dalam pertemuan dengan Komisi I DPRA, Selasa (27/1/2015).

Sebelumnya pada tahun 2014, Kepolisian Daerah Aceh menangani 57 kasus tindak pidana korupsi, yaitu 22 kasus masih sidik dan 35 kasus sudah P21. Kepolisian Republik Indonesia mengalokasikan anggaran sekitar Rp208 juta untuk penanganan satu kasus korupsi.

Sementara itu Anggota Komisi I DPRA dari Partai PPP, Murdhani Yusuf meminta agar target penuntasan korupsi yang sudah ditentukan Polda Aceh ini tidak dipaksakan.

“Sebuah target penuntasan korupsi adalah wajar, tapi jangan dipaksakan, kami tidak setuju, kasihan eksekutif dan legislatif. Harapan kami jangan dipaksakan, ini akan berakibat kerja eksekutif dan legislatif tidak nyaman,” kata Mudhani.

Koordinator MaTA, Alfian justru meminta Polda Aceh tidak tebang pilih dalam menangani kasus-kasus korupsi di Aceh.

“Kami ingin Polda Aceh bertindak tegas, karena korupsi ini adalah kejahatan yang luar biasa, percepatan penuntasan kasus sangat diharapkan,” kata Alfian, Rabu (28/1/2015).

Sepanjang tahun 2014, LSM MaTA mencatat ada 24 kasus korupsi yang ditangani oleh kepolisian di Aceh dari 87 kasus korupsi yang menjadi temuan. [red]

To Top