Kesehatan

Peserta JKN di Aceh Capai 1.640.013 Jiwa

ACEHTERKINI.COM Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dr. Fahmi Idris mengatakan jumlah peserta Jaminan Kesehatan Nasional setelah setahun berjalan ketika diluncurkan pada Januari 2014 di Aceh sebanyak 1.260.857 jiwa.

“Kemudian pada Januari 2015 ini jumlahnya semakin meningkat menjadi 1.647.013 jiwa,” kata Fahmi Idris saat melakukan penandatanganan kerjasama BPJS Ksehatan dengan Provinsi Aceh di Kantor Pusat BPJS, Jakarta Timur, Rabu (14/1/2015).

“Ini tandanya ada peningkatan dengan terintegrasi JKN dengan JKRA. Semoga provinsi lain dapat mengikuti dan tercapai target 2019 seluruh penduduk Indonesia sudah menjadi peserta BPJS,” tuturnya seperti ditulis detik Kamis (15/1/2015).

Penandatanganan kerjasama ini langsung dilakukan oleh Gubernur Aceh, Zaini Abdullah. Kesempatan itu Zaini mengatakan Aceh merupakan provinsi pertama yang melakukan Universal Coverage di bidang kesehatan.

Kendatipun begitu Zaini Abdullah mengakui masih minimnya penyediaan fasilitas kesehatan. Terutama proses pendaftaran peserta JKN serta komunikasi antara BPJS Kesehatan dengan Provinsi Aceh yang perlu ditingkatkan.

Aceh adalah provinsi pertama yang melakukan perpanjangan kerjasama untuk tahun 2015. [red]

To Top