Sosial

Pemkab Aceh Utara Berlakukan Program Paten di Setiap Kecamatan

ACEHTERKINI.COM | Program Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten) secara resmi telah berlaku di Kabupaten Aceh Utara. Berlakunya program tersebut ditandai dengan adanya launching pertama Paten yang dilaksanakan di Kecamatan Seunuddon, Sabtu (17/01/2015).

Peresmian program ini dilaksanakan di Seunuddon sebagai salah satu contoh penerapan Paten untuk sejumlah kecamatan lain di Aceh Utara. Launching Paten ini diikuti seluruh Geusyik, Mukim, dan tokoh masyarakat dari kecamatan itu.

Program Paten, sangat penting dan dibutuhkan masyarakat. Dengan adanya Paten, masyarakat didaerah yang membutuhkan pelayanan sejumlah perizinan bisa dilayani di tingkat kecamatan. Misalnya, izin gangguan (HO), izin usaha penyelenggaraan hiburan dan rekreasi, tanda daftar gudang, penggilingan padi, reklame serta IMB dan lainnya.

Kepala Bagian Humas Kabupaten Aceh Utara Drs. Amir Hamzah selaku trutor dalam program Paten ini mengatakan, penerapan Paten berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri, No. 4, Tahun 2010 tentang pedoman Pelayanan Administrasi terpadu Kecamatan (Paten), dan surat Mendagri No. 138/7323/SJ tanggal 04 Oktober 2013 Perihal Evaluasi Penerapan Kebijakan Paten daerah.

Kemudian juga beradasarkan Peraturan Bupati Aceh Utara No. 21, Tahn 2012, tanggal 31 Desember 2012, tentang pelimpahan Sebagian Kewenangan. Kemudian juga berdasarkan Peraturan Bupati Aceh Utara No. 22, tahun 2012, Tanggal 19 November 2012, Tentang SOP Bidang Perizinan dan Non Perizinan.

Paten, katanya, memiliki nilai yang sangat penting bagi masyarakat daerah. Paten sendiri bekerja untuk menyelengarakan pelayanan publik di kecamatan mulai dari tahap permohonan hingga terbitnya dokumen hanya dalam satu meja. “Paten ini tujuannya untuk melayani masyarakat dengan mudah,” kata Amir Hamzah usai melaksanakan Lauching Paten di balai Kecamatan Senuddon.

Dari penjelasan Drs. Amir Hamzah, maksud dan tujuan dari program ini akan menumbuhkan pelayanan publik yang baik dan mewujudkan setiap kecamatan sebagai pusat pelayanan masyarakat. “Bahkan, dengan adanya penerapan Paten pelayanan masyarakat disejumlah daerah dalam suatu kecamatan menjadi lebih efektif dan efisien,” kata Amir Hamzah lebih rinci. [Jamal]

IMG_0002-0.JPG

To Top