Lingkungan

Pemerintah Aceh Tutup Kanal Lahan Eks Kallista Alam

ACEHTERKINI.COM | Pemerintah Aceh melalui UPTD KPH IV Dinas Kehutanan Aceh melakukan penutupan kanal (Canal Blocking) di lahan eks areal PT. Kallista Alam seluas 1.605 hektar di Kecamatan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya.

Kepala UTPD KPH IV, Usman mengatakan ada 18 titik kanal di lahan gambut eks areal PT. Kallista Alam yang akan ditutup untuk dijadikan kawasan konservasi. “Ini sesuai perintah Gubernur Aceh, Zaini Abdullah,” kata Usman.

Setelah ditutup, kata Usman akan dilakukan penanaman pohon-pohon bukan sawit sebanyak 120 ribu batang. “Penanaman pohon ini akan dilakukan oleh masyarakat di bawah pengawasan dari UPTD KPH Wilayah IV Dinas Kehutanan Aceh,” ujar Usman saat dihubungi sedang berada di lahan 1.605 hektar itu.

Sementara itu Kepala Dinas Perkebunan dan Kehutanan Nagan Raya, Surdamansyah mengatakan lahan 1.605 hektar itu sudah ditetapkan menjadi kawasan konservasi oleh Gubernur Aceh, Zaini Abdullah.

“Pengelolaannya seperti Hutan Kemasyarakatan (HKM), ini berdasarkan hasil pertemuan terakhir 29 Oktober 2014 lalu di Sumber Bakti, Kecamatan Darul Makmur,” kata Sudarmansyah.

Untuk diketahui Gubernur Aceh, Zaini Abdullah mengeluarkan surat nomor 590/33227 Tanggal 1 September 2014 perihal tindak lanjut lahan eks Kallista Alam yang dialokasikan menjadi kawasan lindung gambut seluas 1.445 hektar. Sedangkan sisanya 150 hektar untuk perkebunan rakyat. [red]

To Top