Lingkungan

Kophi dan Pemerintah akan Kaji Masalah Lingkungan

ACEHTERKINI.COM | Pemerintah Kota Banda Aceh dan Koalisi Pemuda Hijau Indonesia (Kophi) akan melakukan kajian ilmiah terhadap permasalahan lingkungan di Kota Banda Aceh.

Staf Ahli Walikota Banda Aceh Bidang Hukum dan Politik, T. Iwan Kesuma mengatakan Pemerintah Kota Banda Aceh sangat serius menjaga lingkungan hidup.

“Kita akan terus melakukan penghijauan di Kota Banda Aceh,” kata dia saat meresmikan Komunitas Pemuda Hijau Indonesia (Kophi) regional Aceh, Sabtu (31/1/2015).

Dikatakannya menjaga lingkungan tidak hanya selesai dengan menanam pohon, namun dibutuhkan juga kajian ilmiah untuk mengatasi permasalahan seperti sampah, banjir dan membiasakan hidup bersih dalam masyarakat.

T. Iwan Kesuma menamsilkan Gunung Seulawah yang dulu hawanya sangat dingin tapi sekarang sudah tidak lagi dingin.

“Saya berharap Kophi bisa melakukan kajian ilmiah lingkungan hidup bersama Pemerintah Kota Banda Aceh,” ujarnya.

Untuk diketahui Kophi Regional  Aceh didirikan oleh Fadlul Ismilam. Organisasi Kophi sendiri berdiri pada 28 Oktober 2010 lalu, dan diresmikan dua hari berikutnya yang ditandai dengan Deklarasi Kophi di Museum Bank Mandiri.

Komunitas ini dibentuk sebagai wadah anak muda yang ingin menjadi bagian dari solusi masalah perubahan iklim.

Melalui wadah ini, katanya, anak muda diharapkan bisa bergerak secara kolektif dan berkelanjutan demi terciptanya lingkungan yang lestari.

Saat ini Kophi tersebar di 18 kota di seluruh Indonesia, dan di Aceh berdiri sejak 2011 yang peluncuranya ke publik baru dilaksanakan Sabtu, 31 Januari 2015. [red]

To Top