Ekonomi

Koperasi Nonaktif Tidak Akan Dapat Bantuan

ACEHTERKINI.COM | Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Aceh Utara memberi informasi tegas kepada koperasi-koperasi yang tidak aktif di Kabupaten itu. Tercatat, ada 378 unit koperasi yang nonaktif dan koperasi tersebut tidak akan mendapat bantuan.

Hal ini disampaikan Zulkhairi, Kepala Bidang Kelembagaan Dinas Koperasi dan UKM Aceh Utara, Selasa (27/01/2015). Menurutnya, di Aceh Utara, memiliki 549 unit koperasi saat ini. “Dan yang aktif cuma 171 unit, 378 nonaktif,” katanya.

Zulkhairi menjelaskan, koperasi yang tercatat sebagai tidak aktif yaitu koperasi yang tidak melakukan laporan Rapat Anggara Tahunan (RAT), meski aktifitasnya aktif. Pernyataan itu juga telah sesuai yang diatur dalam Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) tentang perkoperasian.

“Kita langsung memberi sanksi tegas kepada mereka (Pengurus Koperasi) jika tidak ada RAT. Maka koperasi itu kita blacklist dari segala hal,” kata dia. Seraya mengatakan, koperasi-koperasi itu tidak akan diberikan bantuan selanjutnya. [Jamal]

To Top