Hukum

Hakim Sakit, Pidana Lingkungan Hidup Ditunda

ACEHTERKINI.COM | Sidang Pidana Kebakaran Lahan Gambut di kawasan Babahrot, Kabupaten Aceh Barat Daya yang berlangsung di Pengadilan Negeri Tapak Tuan ditunda.

Penundaan ini karena Ketua Majelis Hakim, Rahma Novatiana SH tidak hadir karena sakit. Penundaan perkara nomor 88/Pid.Sus/2014/PN TTN ini dilakukan dalam proses sidang yang dipimpin oleh Azhary Prianda Ginting SH.

Hadir Jaksa Penuntut Umum (JPU) Fahmi SH dan Firsa SH. Terdakwa Mujiluddin salah seorang manager PT. Dua Perkasa Lestari (DPL) didampingi Deddy Kurniadi SH bersama rekannya yaitu Akhmad Johari Damanik SH.

Agenda persidangan yang digelar tadi pemeriksaan saksi fakta. Kedua orang saksi fakta yang hadir adalah Haji Janatun salah seorang Direktur PT. Muda Jaya Group yang menangani Land Clearing di areal PT. DPL dan seorang lagi adalah Kliwon, Kepala Tata Usaha PT. DPL.

Jaksa Penuntut Umum (JPU), Fahmi SH mengatakan pihaknya akan mengundang 2 orang saksi fakta lagi. Sehingga jumlah saksi fakta yang akan diperiksa menjadi 4 orang pada sidang berikutnya.

Ketua Hakim Majelis menunda persidangan pada Selasa, 20 Januari 2015 dengan agenda masih pemeriksaan saksi-saksi fakta.

Untuk diketahui tuntutan dari Polda Aceh ini menjerat terdakwa melanggar Pasal 108 jo Pasal 69 ayat (1) huruf h Jo Pasal 116 ayat (1) huruf b UU Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Jo Pasal 64 ayat (1) KUHP.

Kemudian Pasal 48 ayat (1) UU Nomor 18 Tahun 2004 Tentang Perkebunan. [red]

To Top