Ekonomi

Batu Cempaka Madu Aceh Jaya Paling Laris

ACEHTERKINI.COM | Pameran batu akik di Kecamatan Panga, Kabupaten Aceh Jaya berakhir. Bupati Aceh Jaya, Ir. Azhar Abdurrahman menutup pameran batu cincin yang berlangsung selama sepekan di Pasar Tradisional Panga, Minggu (4/1/2015).

Pameran batu akik asal Aceh Jaya disambut antusias warga yang datang dari berbagai daerah, termasuk dari luar Aceh bahkan sejumlah Warga Negara Asing (WNA) yang melihat 10 tahun tsunami di Aceh sempat berkunjung.

Bupati Aceh Jaya, Azhar Abdurrahman mengaku sangat bangga dengan berlangsungnya acara pameran batu akik ini. “Saya memberikan nama batu akik asal Panga ini dengan sebutan Batee Radja (red- Batu Raja),” ujar Azhar usai menutup pameran tersebut.

Azhar menambahkan perdagangan batu akik asal panga ini juga menjadikan pasar tradisional menjadi Icon Pasar Cempaka Madu di Panga, Aceh Jaya.

Sementara itu salah seorang pedagang batu akik asal Panga, Ishak mengatakan selama pameran berlangsung batu cempaka madu paling banyak diminati pengunjung dengan variasi harga.

Kemudian batu Lavender dan batu sangkis juga paling banyak diminta pengunjung dengan harga yang bervariasi. “Banyak peminat dari Pulau Jawa yang datang,” katanya.

“Harga batu akik saat ini belum ada ketetapan harga, masih akan terus terjadi perubahan harga sesuai dengan permintaan peminat batu akik,” ungkap Ishak saat dijumpai acehterkini, Senin (5/1/2015).

Camat Panga, Jauhari mengatakan pameran batu akik ini sebagai promosi daerah dan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

“Awalnya pameran ini akan digelar selama tiga hari, tapi karena mendapat sambutan yang antusias dari pengunjung maka diperpanjang dari tanggal 27 Desember 2014 sampai tanggal 4 Januari 2015 di Pasar Cempaka Madu depan Puskesmas Panga, Kabupaten Aceh Jaya,” ujar Jauhari. [Hendra]

To Top