Kesehatan

Aceh Tenggara Fokus Penanggulangan Malaria

ACEHTERKINI.COM | Kepala Dinas Kesehatan Aceh Tenggara, dr. Ramulia mengatakan dalam penanggulangan penyakit malaria pihaknya akan melakukan berbagai langkah.

Salah satunya adalah peningkatan system penemuan dan pengamatan kasus malaria di Kabupaten Aceh Tenggara.

Dijumpai acehterkini, Kamis (29/1/2015), Ia mengatakan setiap ada kasus malaria positif maka harus dilakukan penyelidikan epidemilogi untuk diketahui apakah kasus penularan setempat atau kasus impor.

Kata Ramulia, pihaknya juga melakukan kegiatan promosi kesehatan dalam eliminasi malaria, pegerakan dan pemberdayaan masyarakat dalam pegendalian malaria.

“Peningkatan Akses masyarakat terhadap pelayanan dan pegendalian malaria yang berkualitas dan terintegrasi juga menjadi focus yang harus dilakukan Pemerintah Kabupaten Aceh Tenggara,” ungkap Ramulia.

Tambah Ramulia, pihaknya akan melakukan kerjasama dengan PKK Kabupaten untuk mempertahankan kondisi desa bebas malaria dengan membentuk Posmaldes (Pos Malaria Desa).

Sebelumnya Kabupaten Aceh Tenggara mendapat sertifikat eliminasi malaria dari Menteri Kesehatan Republik Indonesia melalui Gubernur Aceh, Zaini Abdullah.

Kemudian sertifikat itu diberikan Gubernur Aceh kepada Bupati Aceh Tenggara pada 23 Januari 2015. Sertifikat Eliminasi Malaria ini diberikan Menteri Kesehatan untuk 12 kabupaten kota di Aceh, salah satunya Kabupaten Aceh Tenggara. [Dinni]

To Top