Layanan Publik

Aceh Tenggara Akan Gelar Pemilihan Kepala Desa Secara Langsung

ACEHTERKINI.COM | Wakil Bupati Aceh Tenggara, Ali Basrah mengatakan pada tahun 2015 Pemerintah Kabupaten Aceh Tenggara akan menyelenggarakan pemilihan kepala desa serta imum mukim secara langsung.

Kepada acehterkini, Selasa (20/1/2015) Ali Basrah mengatakan ada sekitar 200 orang kepala desa yang akan berakhirnya tugasnya.

“Agar tidak terjadi kekosongan, maka harus segera digelar pemilihan kepala desa serta imum mukim secara langsung,” kata Wakil Bupati Aceh Tenggara.

Konsep pemerintahan mukim dan gampong merupakan konsep pelibatan masyarakat secara langsung dalam berbagai pengambilan kebijakan.

Pengakuan keberadaan mukim dan gampong kembali diakui sejak berlakunya otonomi khusus sesuai Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2001. Kemudian kedaulatannya kembali diperkuat melalui Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 Tentang Pemerintah Aceh.

Dana Desa

Pada kesempatan ini Wakil Bupati Aceh Tenggara menyinggung masalah Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa.

“Masyarakat desa boleh jadi mendapat angina segar, kucuran dana yang dianggarkan APBN sebesar Rp 1 miliar yang alan dilakukan secara bertahap,” katanya.

Besaran alokasi anggaran yang diperuntukan langsung ke desa ditentukan 10 persen dari dana transfer ke desa secara bertahap. [Dinni]

To Top