Sosial

Abu Bale Tutup Usia, Gubernur Aceh Berduka

ACEHTERKINI.COM | Gubernur Aceh, dr H Zaini Abdullah ikut berduka atas meninggalnya seorang ulama kharismatik di Pidie Jaya, Teungku H. Jamaluddin Abdul Latief.

Ulama yang akrap disapa Abu Bale (63) ini meninggal dunia di RSU Zainoel Abidin, Banda Aceh. Beliau sempat mengalami koma selama 18 hari dan dirawat intensif di ruang ICU, sebelum berpulang sekitar pukul 14.00 wib, selasa 27 Januari 2015.

Siang tadi, Rabu (28/1) Gubernur Zaini Abdullah bersama rombongan ikut melayat ke rumah duka yang berada di kompleks Dayah Darul Falah Ulee Glee, Pidie Jaya.

Kedatangan Doto Zaini secara mendadak, sangat mengharukan keluarga. Gubernur juga turut membaca Samadiah di rumah duka.

Dalam pesannya, Zaini Abdullah berharap Dayah tersebut terus dapat berkembang. Karena dayah, kata Gubernur, telah berhasil menjadi pengawal moral generasi Aceh selama ini.

“Aceh membutuhkan banyak ulama penjaga umat, diharapkan dayah ini kedepan akan muncul beribu Abu Bale lainnya, yang bertugas mengawal nilai nilai Islam di Serambi Mekkah ini,” pesan Zaini Abdullah.

Didampingi Wakil Bupati Pidie Jaya H Said Mulyadi, Gubernur Zaini juga menyempatkan diri beramah-tamah dengan masyarakat Ulee Glee.

Almarhum Abu Bale merupakan tokoh agama yang disegani di Pidie Jaya. Beliau meninggalkan 2 orang anak yaitu Zulfikri (26) dan Muhammad Nurul Kamali (15).

Muridnya tersebar di berbagai daerah yang memiliki beragam profesi. Selain memimpin dayah yang kini dihuni ratusan santri dari berbagai kabupaten, ia juga dipercaya sebagai Imam Besar dan khatib Masjid Jami’ Al Munawarrah Ulee Gle, Bandar Dua. [red]

To Top