Sosial

Tidak Boleh Keluar Rumah? KontraS: Illiza Langgar HAM

ACEHTERKINI.COM | Wali Kota Banda Aceh Hj Illiza Sa’aduddin Djamal SE mengimbau seluruh warga Kota Banda Aceh agar tidak merayakan malam pergantian tahun baru 2015 mendatang. Warga dihimbau tidak keluar rumah.

Hal tersebut diungkapkan wali kota dalam sambutannya pada acara pengucapan sumpah jabatan dan pelantikan Sekda Kota Banda Aceh Ir Bahagia Dipl SE, Selasa (9/12/2014) di Aula Lantai IV, Balai Kota Banda Aceh.

“Tidak ada perayaan malam tahun baru. Saya minta para keuchik untuk mengadakan rapat terkait hal ini di desa masing-masing untuk kemudian disosialisasikan kepada masyarakat,” pinta Illiza.

“Masyarakat diharapkan agar tidak ke luar rumah. Berdiam di rumah masing-masing pada malam tersebut, satu malam saja.” pintanya.

Selain itu, Pemerintah Kota Banda Aceh telah membentuk tim terpadu untuk mengawasi dan memantau suasana malam pergantian tahun baru agar tidak terjadi perayaan di dalam Kota Banda Aceh dalam bentuk apapun.

Menanggapi hal tersebut, Program Manager KontraS Aceh, Edy Syah Putra mengatakan statement Wali kota Banda Aceh, Illiza Sa’aduddin Djamal itu melanggar HAM.

“KontraS setuju tidak ada perayaan tahun baru 2015 di Kota Banda Aceh, tapi kalau melarang orang keluar malam itu jelas kami tidak setuju. Belum tentu warga keluar malam untuk kepentingan merayakan tahun baru,” kata Edy tegas.

“Statement itu bias, saya juga sudah baca disejumlah media terkait pernyataan tersebut,” ujar Edy berharap agar Wali kota Banda Aceh meluruskan kembali pernyataan tersebut. [red]

To Top