Layanan Publik

Paspor Selesai Satu Hari di Kantor Imigrasi Takengon

ACEHTERKINI.COM | Kantor Imigrasi Takengon kini telah meningkatkan pelayanan pengurusan Pasport sebagai salah satu tuntutan standar pelayanan kepada masyarakat yang hendak bepergian keluar negeri.

“Sebelumnya butuh tiga hingga empat hari pengurusan pasport,” ungkap kepala Imigrasi Takengon, Imam Santoso, Kamis (18/14/2014) saat melayani warga yang sedang membuat pasport di kantornya.

Imam menambahkan, jika dulu warga yang ingin buat pasport terlebih dahulu harus memasukkan berkas, besoknya baru di foto, kemudian membayar administrasi, sehingga butuh beberapa hari

Sekarang, lanjut Imam, setelah pemohon memasukkan berkas langsung di foto, kemudian sidik jari dan wawancara, berikutnya bayar administrasi ke bank, dan Pasport dapat diambil, sehingga tidak butuh waktu lama.

“Pola one stop system ini sudah kita mulai sejak bulan Juli kemarin, dan ini merupakan ketentuan dari pusat untuk memberikan pelayanan yang cepat kepada masyarakat,” imbuhnya

Menurut Imam dengan kebijakan pelayanan cepat tersebut, permintaan pembuatan pasport meningkat hingga mencapai 120 Pasport sebulan, dibanding sebelumnya hanya 30 hingga 40 Pasport dalam satu bulan.

Selain pengurusan Pasport, kantor Imigrasi Takengon juga menangani izin tinggal warga asing.

“Sejak September 2013 sampai sekarang ada 1.662 paspor yang sudah diterbitkan, dan 25 Kartu Izin tinggal Terbatas (Kitas) bagi warga Asing,” demikian Jelas Imam.

Untuk memastikan pelayanan yang diberikan berjalan baik, Bupati Aceh Tengah, Ir. H. Nasaruddin, MM melihat langsung aktivitas pelayanan Imigrasi Takengon dalam kunjungannya kemarin.

“Sekarang sangat terbantu, terutama jika ada keluarga yang sakit ingin berobat keluar negeri, maupun pengurusan Pasport untuk kebutuhan Haji maupun Umroh,” ujar Nasaruddin. [red/*]

To Top