Sosial

Lahan Kosong di Tahura. Gubernur : 3 Hektar Per Keluarga

ACEHTERKINI.COM | Melihat ada lahan kosong di Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan, Saree Kabupaten Aceh Besar, Gubernur Aceh Zaini Abdullah meminta Dinas Kehutanan dan Pemerintah Aceh Besar bekerjasama menanam pohon buah berkayu tinggi.

“Saya setujui kalau lahan tersebut dikelola oleh masyarakat local dalam bentuk hak kelola sehingga buahnya bisa dimanfaatkan,” ujar Doto Zaini Abdullah saat memperingati acara Hari Menanam Pohon Indonesia, Sabtu (6/12/2014).

Gubernur menjelaskan sengaja memilih Tahura Pocut Meurah Intan, Saree, sebagai lokasi peringatan Hari Menanam Pohon tahun ini karena lokasi tersebut andalan untuk proyek pelestarian hutan Aceh.

Masing-masing keluarga nantinya akan diberi hak mengelola 3 hakter lahan, dengan catatan, lahan tersebut harus dirawat dan dijaga dengan baik.

Gubernur juga memperingatkan agar pihak yang mendapatkan hak kelola bukanlah aparatur pemerintah dan bukan pula orang kaya.

“Diutamakan masyarakat miskin yang tinggal di sekitar wilayah ini. Untuk itu, Kepala Dinas Kehutanan saya minta bekerja cepat mensosialisasikan program ini, sehingga dalam 2,5 Tahun ke depan semua lahan kosong sudah tertanam dan tidak lama setelah itu, masyarakat sudah bisa menikmati hasilnya,” demikian Gubernur Aceh, Zaini Abdullah.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Pimpinan DPR Aceh, unsur Forkorpimda, Bupati Aceh Besar serta Pimpinan DPR Kabupaten Aceh Besar.

Hadir pula Dirjen Bina Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Perhutanan Sosial, Kepala Dinas Kehutanan Aceh dan jajaran SKPA, serta para akademisi dan Perwakilan dari berbagai perguruan tinggi di Aceh, Ketua MPU, Ketua MAA dan perwakilan tokoh masyarakat serta perwakilan organisasi pemuda. [red/arf]

To Top