Peristiwa

Krueng Arakundo Meluap, Aceh Utara Terendam

ACEHTERKINI.COM | Kabupaten Aceh Utara dikepung banjir. Curah hujan sejak dua pekan terakhir membuat sejumlah kawasan dataran rendah di kabupaten tersebut terendam. Banjir terparah berada di Kecamatan Matangkuli, Pirak Timu, Paya Bakong dan Kecamatan Langkahan. Dua orang dilaporkan meninggal dunia akibat banjir tersebut.

Informasi yang diterima media ini, Senin (22/12/2014), warga dibeberapa kecamatan tersebut hingga saat ini masih ada di posko pengungsian. Di Kecamatan Langkahan, air setinggi 2 hingga 4 meter menggenangi sejumlah desa seperti Gampong Buket Linteung, Lubok Muku, Lubok Pusaka, Tanjong Jawa, Alue Krak Kaye dan Matang Tingoh serta Gampong Tanjong Dalam.

Banjir yang disebabkan oleh luapan air sungai (Krueng) Arakundo, Aceh Timur ini telah mengakibatkan dua warga di kecamatan ini meninggal dunia beberapa hari yang lalu.

Begitu juga di Kecamatan Matangkuli, Pirak Timu dan Paya Bakong. Di kecamatan ini, banjir juga sudah terjadi beberapa hari yang lalu, namun tidak ada korban jiwa. Dibantu aparat TNI, dan BPBD serta tim SAR, ratusan warga diupayakan mengungsi ke posko-posko yang telah disediakan.

Bantuan tanggap darurat sudah disalurkan meski tidak mencukupi. Di beberapa kecamatan ini banjir terjadi akibat curah hujan deras dan diperparah dengan dataran rendah.

Banjir yang menggenangi wilayah mereka sebelumnya dipastikan bakal surut, namun karena curah hujan yang tiada henti membuat genangan air semakin meninggi.

Tak hanya Aceh Utara, banjir juga terjadi di Kota Lhokseumawe. Air yang rata-rata setinggi lutut orang dewasa yang terjadi sejak Minggu (21/12/2014) malam ini juga masih menggenangi kawasan tersebut.

Gubernur Aceh, Zaini Abdullah mengaku prihatin atas bencana banjir yang melanda lintas timur Aceh ini. “Kita sudah sampaikan kepada Presiden RI pada saat pertemuan gubernur se-indonesia bahwa Aceh sangat rawan terhadap bencana terutama banjir dan longsor, ini perlu ada penanganan untuk mengatasi bencana tersebut,” kata Zaini dalam komperensi pers, Senin (22/12/2014). [Jamal]

To Top