Layanan Publik

Keterbukaan Informasi Publik, Aceh Nomor Dua Nasional

ACEHTERKINI.COM | Pemerintah Provinsi Aceh meraih peringkat dua dalam Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Badan Publik 2014 untuk kategori Badan Publik Pemerintah Provinsi yang diselenggarakan Komisi Informasi Pusat (KIP) di Jakarta, Jum’at, (12/12/ 2014).

Penghargaan tersebut di terima Gubernur Aceh, Zaini Abdullah yang diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla di Istana Wakil Presiden.

“Kami sangat bangga mendapatkan penghargaan ini. Ini menjadi motivasi supaya kami bekerja lebih giat lagi kedepan, sehingga mampu memberikan yang terbaik kepada masyarakat,” Uujar Gubernur Zaini kepada sejumlah media usai menerima penghargaan.

Kepala Biro Humas Pemerintah Aceh, Dr. Mahyuzar mengatakan pemeringkatan Keterbukaan informasi Badan Publik merupakan upaya untuk melakukan monitoring dan evaluasi sejauhmana keterbukaan informasi diimplementasikan dalam pengelolaan pemerintahan di Indonesia.

Ada enam jenis kategori badan publik yang diberi peringkat yaitu Kementerian, Lembaga, Provinsi, BUMN, Partai Politik dan Perguruan Tinggi Negeri.

“Alhamdulillah Provinsi Aceh mendapatkan peringkat dua untuk kategori pelayanan informasi tingkat Provinsi,” Ujar Kepala Biro Humas Pemerintah Aceh, Dr. Mahyuzar yang juga ikut mendampingi Gubernur Aceh di Jakarta.

Selain Kepala Biro Humas, turut mendampingi gubernur saat menerima penghargaan diantaranya Ketua Informasi Aceh, Afrizal Tjoetra beserta anggota, Sekretariat PPID Utama (Seuramoe Informasi Aceh) Dr. Sanasi beserta anggotanya Asriani serta Staf Ahli Gubernur Tgk Adli Abdullah.

Sementara itu, untuk peringkat pertama kategori Badan Publik Pemerintah Provinsi diraih Provinsi Nusa Tenggara Barat, dan peringkat ketiga Kalimantan Timur.

Sementara untuk kategori Badan Publik Kementerian peringkat pertama diraih Kementerian Keuangan, Kedua Kementerian Perindustrian dan ketiga Kementerian Perhubungan.

Untuk kategori Badan Publik Lembaga, peringkat pertama diraih Badan Arsip Nasional, kedua Badan Koordinasoi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan ketiga diraih BPKP.

Sedangkan di kategori Badan Publik BUMN, peringkat pertama diraih PT Biofarma, peringkat kedua PT PLN dan ketiga diraih PT Taspen.

Di kategori Badan Publik Lembaga, peringkat pertama diraih Partai Gerindra, kedua PKS dan ketiga PKB.

Kemudian di kategori Badan Publik Perguruan Tinggi Negeri, peringkat pertama diraih Universitas Indonesia, peringkat kedua Universitas Brawijaya dan ketiga diraih Institut Pertanian Bogor. [red/*]

To Top