Sosial

Kelola Rawa Tripa, WALHI Aceh Gelar Seminar

ACEHTERKINI.COM | Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) Aceh akan menggelar seminar sekaligus diskusi terkait tata kelola lahan gambut tripa. Diskusi tersebut akan berlangsung di Hotel Grand Nagan, Kabupaten Nagan Raya, Selasa (9/12/2014).

Direktur Eksekutif Daerah WALHI, Muhammad Nur mengatakan WALHI sudah menyiapkan buku panduan tentang pengelolaan lahan gambut di Aceh. “Panduan ini akan memandu masyarakat yang hidup sekitar rawa gambut untuk dapat memanfaatkan fungsi rawa sebagai sumber ekonomi alternatif disektor budidaya perikanan,” kata M. Nur.

Pasca keluarnya keputusan hukum Mahkamah Agung (MA) No 19 tahun 2013 yang lalu, WALHI Aceh melanjutkan advokasi di tingkat masyarakat untuk mengembalikan fungsi rawa dan dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan oleh masyarakat.

Buku panduan ini sudah dikerjakan sekitar 75 persen. “Untuk menuju kesempurnaan WALHI ingin menggali masukan-masukan, kritikan, dan saran dari berbagai pihak melalui Seminar dan Forum Discussion Group, dengan harapan mendorong perbaikan pengelolaan Rawa Tripa,” demikian M. Nur. [red]

To Top