Layanan Publik

Kelola Dana Desa, Pemerintah Harus Siapkan Regulasi

DPD RI Lakukan Pemantauan Secara Khusus

ACEHTERKINI.COM | Wakil Ketua Komite I DPD RI, Fachrul Razi menyarankan agar Pemerintah Aceh dan kabupaten kota agar menyiapkan perangkat peraturan daerah terkait penggunaan dana desa tahun 2015.

Kepada acehterkini, Fachrul Razi menegaskan regulasi tersebut agar penggunaan dana desa tidak disalahgunakan dan tepat sasaran.

“Kedepan dana desa untuk Aceh dapat dialokasikan sampai Rp1,4 miliar,” ujar Fachrul Razi.

“DPD RI akan melakukan pemantauan secara khusus terkait penggunaan dana desa di seluruh Aceh,” tambahnya lagi.

Katanya, membangun Aceh harus dimulai dari Gampong. Kunci kesejahteraan Aceh terletak bagaimana kesejahteraan gampong.

Sementara itu Gubernur Aceh, Zaini Abdullah mengatakan ada beberapa tujuan pokok pemberian dana desa yang sudah dialokasikan untuk Aceh tahun 2015.

Tujuannya kata Zaini adalah untuk meningkatkan kapasitas fiskal daerah dalam rangka penyel enggaraan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah.

Kemudian untuk mengurangi ketimpangan sumber pendanaan pemerintahan antara pusat dan daerah dan mengurangi kesenjangan pendanaan pemerintahan antar daerah.

Selanjutnya untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas pelayanan publik di daerah dan mengurangi kesenjangan pelayanan publik antar daerah.

Keempat untuk memprioritaskan penyediaan pelayanan dasar di daerah tertinggal, terluar, terpencil, terdepan, dan pasca bencana.

Mendorong pertumbuhan ekonomi melalui pembangunan infrastruktur dasar serta mendorong peningkatan kualitas pengelolaan keuangan daerah yang lebih efisien, efektif, transparan, dan akuntabel.

Tujuan lain adalah untuk meningkatkan kualitas pengalokasian dengan tetap memperhatikan akuntabilitas dan transparansi.

“Pembagian dana desa, pemerintah kabupaten kota diminta memperhatikan jumlah penduduk, angka kemiskinan, luas wilayah, dan tingkat kesulitan geografis,” demikian Gubernur Aceh, Zaini Abdullah.

Untuk diketahui alokasi dana desa tahun 2015 untuk Provinsi Aceh sebesar Rp 266,7 miliar melalui APBN. [red]

To Top