Ekonomi

Indonesia Penghasil Kakao Tiga Besar Dunia

ACEHTERKINI.COM | Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia, (APKASI), Isran Noor mengatakan ekspor kopi Indonesia masih relatif sedikit dibandingkan negara-negara lain. “Indonesia belum memaksimalkan produksi kopinya,” kata Isran Noor.

Disela-sela kesibukannya saat Festival Kopi dan Kakao Digelar di Jakarta, 6-7 Desember 2014, Isran Noor yang juga sebagai Bupati Kutai Timur menjelaskan bahwa Indonesia merupakan negara ketiga terbesar penghasil kakao di bawah Pantai Gading dan Ghana.

Menurutnya perlu dilakukan terobosan strategis agar kopi dan kakao Indonesia dapat lebih dilirik oleh para pelaku usaha dalam maupun luar negeri, sehingga para petani dan daerah penghasil kakao benar-benar dapat menikmati hasil dari produksi.

Kesempatan itu, Dirjen Pengolahan dan Pemasaran hasil pertanian, Yusni Emilia Harahap mengatakan sebagian besar kopi dan coklat dihasilkan dari perkebunan rakyat atau petani  sehingga masih dibutuhkan pembenahan dalam rangka produksi dan mutu.

Selain itu, menurutnya kedepan tantanan ekonomi semakin terintegrasi, seperti Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015 diperlukan kesiapan yang semakin kuat dan menyeluruh untuk menghadapinya.

“Untuk sektor pertanian mutlak dituntut produk yang berdaya saing, berkualitas, dan harga yang kompetitif,” ujarnya. [red]

To Top