Layanan Publik

Damkar Rp17 Miliar Tiba di Banda Aceh, Ini Spesifikasinya

ACEHTERKINI.COM | Mobil pemadam kebakaran (Damkar) baru milik Pemko Banda Aceh yang diserahkan Gubernur Aceh Zaini Abdullah kepada Wali Kota Banda Aceh, Illiza Sa’aduddin Djamal, Rabu (17/12/2014) akhirnya tiba di Banda Aceh.
Mobil bantuan dari Pemerintah Aceh ini dirakit dengan menggunakan chassis Volvo dari Swedia. Spesifikasi mesin kendaraan; 370 Horse Power, 6x4R, 11.000cc serta dilengkapi sistem komputerisasi yang canggih untuk mendeteksi masa servis dan kerusakan secara otomatis, sehingga operator dimudahkan dalam penggunaan dan perawatannya.

Mobil tersebut juga dilengkapi dengan tangga lipat yang mampu bekerja sampai dengan etinggian 33 meter dan jarak jangkau ke depan  20 meter.

Material tangga berupa baja berkekuatan tinggi yang diimpor khusus dari Amerika. Selain sebagai alat evakuasi dari gedung tinggi, tangga ini juga bisa digunakan sebagai jembatan darurat.

Di ujung tangga juga disematkan alat penyomprot air yang bisa digerakkan atau dikendalikan dari panel pengendali pada bagian bawah kendaraan.

Di sana, ada pula CCTV 40 zoom sehingga operator dapat melihat dengan jelas gambar yang berada di depannya.

Semuanya serba komputerisasi sehingga menjamin keselamatan operator dan korban secara maksimal.

Tangga juga dilengkapi dengan lift atau evelator yang mampu membawa penumpang dengan beban sampai dengan 200 Kg Lift ini bisa berfungsi sebagai penyelamat korban yang pingsan, luka-luka atau terjebak di gedung yang tinggi dan sebagainya.

Tangga juga bisa berputar 360 derjat secara kontinyu sehingga memudahkan pasukan pemadam untuk bekerja dari segala sisi dalam menangani kebakaran.

Mobil Damkar ini dilengkapi dengan pompa air merek Waterous buatan Amerika dengan kapasitas pompa maksimal 5.000 liter/menit dan kekuatan semprotnya hingga 30 Bar, sehingga mampu mensuplai air dengan volume dan tekanan yang lebih besar.

Dengan begitu, tentu akan mempercepat proses pemadaman api di gedung tingggi yang tidak dapat dijangkau oleh kendaraan pemadam biasa.

Mobil tersebut juga dilengkapi dengan tangki air berkapasitas 1.500 liter dan tangki foam 500 liter untuk memadamkan api dengan busa, sehingga proses pemadam bisa lebih efektif dan efisien.

Warga Kota Banda Aceh pun patut berbangga, karena setelah DKI Jakarta baru Banda Aceh yang memiliki mobil Damkar modern ini. [red/*]

To Top