Lingkungan

Bencana Banjir di Aceh Karena Degradasi Lingkungan

ACEHTERKINI.COM | Hujan yang terus mengguyur Aceh mengakibatkan 120.966 warga Aceh dari lintas barat, tengah dan timur mengungsi ke tempat yang aman. Bencana banjir sangat rentan terjadi di Aceh karena degradasi lingkungan.

“Tujuh kabupaten terendam banjir sejak Minggu (21/12/2014) sampai saat ini.” Kata Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat, Sutupo Purwo Nugroho.

BNPB mencatat banjir merendam 73 kecamatan di 7 kabupate kota yaitu, Aceh Timur, Aceh Utara, Aceh Tamiang, Aceh Selatan, Pidie, Lhokseumawe dan Banda Aceh.

“Daerah yang terparah adalah Aceh Timur dan Aceh Utara yang ketinggiannya mencapai 50-400 cm,” katanya.

Data sementara 120.966 jiwa atau 20.570 kepala keluarga mengungsi. Sutopo mengatakan pihaknya akan terus melakukan pendataan.

“Daerah Aceh saat ini rentan terjadi banjir karena adanya sedimentasi di sungai akibat degradasi lingkungan,” demikian Sutopo Purwo Nugroho.

Sementara itu situs BMKG masih mengeluaran peringatan dini agar warga Aceh mewaspadai hujan lebat dan angin kencang pada 25 Desember 2014.

Sejumlah kabupaten masih terus diguyur dengan intensitas hujan lebat yaitu di Takengon, Bireuen, Blang Pidie, Nagan Raya, Bener Meriah, Lhokseumawe, Langsa.

Pasukan TNI dan Polisi terus memberikan bantuan dan evakuasi warga di Aceh Utara dan Aceh Timur sejak Minggu, 21 Desember 2014 sampai saat ini.

Komandan Kodim 0103/AUT Letkol Inf. Iwan Roandriyanto mengatakan pasukannya terus siap siaga dan membantu warga. [red/jamal]

To Top