Sosial

Batu Lavender Aceh Jaya Jadi Incaran

ACEHTERKINI.COM| Batu mulia jenis cempaka madu dan lavender asal Aceh Jaya, jadi incaran para pencinta cincin giok di Kota Banda Aceh. Seperti dikatakan Julianto yang ditemui komplek Mesjid Raya Baiturahman kota setempat.

“kebanyakan dari pembeli, dijadikan sebagai oleh-oleh untuk para kerabat, atau keluarga sebagai kenang-kenangan dari Aceh,” kata Julianto, pedagang batu akik asal Kedah Banda Aceh, Kamis (4/12/2014).

Jenis cempaka madu satu cincin dihargai Rp300 Ribu, sementara Lavender dijual dengan harga paling rendah Rp 350 ribu sudah siap pakai.

Sementara itu, salah seorang pembeli Naria Ison, mengatakan batu cincin asalah Aceh mempunyai daya tarik tersendiri bagi warga yang berdomilisi diluar aceh.

“saya tertarik dengan bantu cincin Aceh dan banyak orang kampung pesan,” jelas warga asal lampung ini.

Sementara itu salah seorang warga Asing asal Australia juga mengaku sangat tertarik dengan batu cincin asal Aceh Jaya ini. “Lavender banyak disukai oleh wanita karena warnanya bagus,” kata Greg Roberts saat berkunjung ke Aceh Jaya kemarin.

Sebelumnya Wakil Bupati Aceh Jaya, Tgk. Maulidi memberikan hadiah kepada Pangdam Iskandar Muda, Mayjen TNI Agus Kriswanto berupa batu Lavender kualitas terbaik Aceh Jaya.

Mengutip beberapa sumber, Akik lavender banyak ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia dan masuk dalam jenis batu Chalcedony dengan banyak macam warna. sedangkan untuk jenis lavender ciri khas ungu, namun masing-masing daerah punya ciri khas tersendiri baik pada kristal batu atau warnanya, misalnya warna lebih tua atau lebih muda.

Namun secara umum ciri batu lavender berwarna ungu dan masuk dalam kelompok batuan Chalcedony atau jenis batu akik dengan kristal yang tidak bening.

Jenis batu chalcedony banyak disukai penghobi karena memiliki beragam waarna mulai dari warna lavender, merah, cempaka madu (kuning kemerahan) hijau atau warna lain yang lebih menarik.

Khasiat Batu Lavender

Batu akaik termasuk jenis batu ini diyakini sebagian orang memiliki energi alam yang bermanfaat untuk penyembuhan terutama yang berhubungan dengan sirkulasi darah. Sehingga banyak pengobatan alternatif memanfaat kan jenis batu akik sebagai media terapi pengobatan.

Salah satu khasiat batu lavender, terutama bagi mereka yang percaya diantaranya :

  • Untuk membangkaitkan aura positif dalam tubuh
  • Memperlancar peredaran darah
  • Keharmonisan dan ketenangan
  • Menjernihkan pikiran
  • Meredam amarah, kesabaran dan ketentraman

Namun terlepas dari kepercayaan sebagian orang terhadap khasiat batu akik, Belakangan ini mengenakan batu cincin akik telah menjadi tren di berbagai kalangan, mulai dari orang tua sampai anak muda. [red/hendra]

To Top