Kesehatan

Banda Aceh Menuju “Open Puskesmas” di 2015

ACEHTERKINI.COM | Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh, Media Yulizar mengatakan momentum Transparansi Puskesmas di Banda Aceh ini akan diluncurkan pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Banda Aceh tahun 2015.
Media Yulizar mengatakan menuju “Open Puskesmas” di Kota Banda Aceh memerlukan komitmen semua pihak.

“Dukungan KRB Kota Banda Aceh harus disambut dengan keseriusan oleh pengambil kebijakan, seluruh kepala Puskesmas harus benar-benar menerapkan transparansi di Puskesmas,” terang Media Yulizar.

“Open Puskesmas ini tidak membutuhkan biaya yang besar jika dibandingkan proses ISO,” kata Media Yulizar menambahkan.

Pelaksanaan Open Puskesmas ini mendapat dukungan dari Komisi Informasi Aceh (KIA). Ketua KIA, Afrizal Tjoetra mengatakan Pemerintah Kota Banda Aceh adalah pemerintahan yang paling terbuka di Aceh.

“Open Puskesmas menjadi sebuah kebutuhan yang harus diwujudkan,” kata Afrijal Tjoetra kemarin.

Bukan hanya Dinas Kesehatan saja yang bekerja secara transparan, Afrijal berharap instansi lain yang bersinggungan langsung dengan publik seperti Rumah Sakit sampai ke Pustu juga harus terbuka.

Sebelumnya Masyarakat Transparanasi Aceh (MaTA) dan Balai Syura Ureung Inong Aceh (BSUIA) yang tergabung dalam Koalisi untuk Reformasi Birokrasi (KRB) Kota Banda Aceh menggelar Workshop  Persiapan Awal Menuju Open Puskesmas di Kota Banda Aceh.

Abdullah Abdul Muthaleb dari KRB Kota Banda Aceh mengatakan, workshop Open Puskesmas kali ini sebagai tindak lanjut dari “Nota Kesepahaman Mewujudkan Open Puskesmas Berdasarkan Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik  Di Kota Banda Aceh” yang sudah ditandangani pada tanggal 27 Oktober 2014 lalu.[red/*]

To Top