Sosial

Aceh Jaya Peringati Hari Bela Negara

ACEHTERKINI.COM | Republik Indonesia mampu berdiri tegak sebagai negara  bangsa yang berdaulat tidak lepas dari perjuangan dari seluruh kekuatan rakyat, dimulai dari petani, pedagang kecil, nelayan dan elemen rakyat untuk membela tanah air.

Hal itu disampaikan Komandan Kodim  0114/ AJ Aceh Jaya  Letkol Inf. Deki zulkarnaen Sebagai Inspektur Upacara Peringatan Hari Bela Negara, Jum’at (19/12/2014).

“Seluruh warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan Negara,” tegas Deki membacakan sambutan Presiden RI Joko Widodo peringati Hari Bela Negara.

Dilanjutkan Deki, amanat konstitusi ini tentunya tidak lahir dalam ruang kosong, namun berakar dari sejarah perjuangan bangsa.

‘Saat ini tantangan dan ancaman terhadap kedaulatan bangsa, sifatnya sudah multidimensi artinya ancaman tidak lagi konvensional atau fisik semata akan tetapi telah berkembang baik fisik maupun non fisik,” ujarnya.

Ancaman berkembang dari ideologi, politik, ekonomi dan sosial budaya sehingga mengharuskan kita untuk mendefinisi ulang apa yang dimaksud dengan “Bela Negara”.

Dengan kekuatan rakyat semesta maka bangsa ini akan mampu menghadapi segala jenis ancaman tantangan. Merupakan esensi dari sistem pertahanan rakyat semesta yang terbukti dalam sejarah bisa membuat republik ini berdiri tegak.

Turut hadir sebagai peserta upacara Bupati Ir. Azhar Abdurrahman, Tgk Maulidi , Kapolres AKBP Drs. Azas Siagian, para unsur Muspida plus Aceh Jaya. [hendra]

To Top