Sosial

Warga Dihimbau Hati-Hati, Aceh Jaya Rawan Longsor

ACEHTERKINI.COM | Lintas Banda Aceh- Calang kembali terancam bahaya. Badai disertai hujan deras yang mengguyur pantai barat Aceh ini mengakibatkan sejumlah ruas jalan mengalami longsor.

Antrian panjang dimulai, Sabtu (1/11/2014) dinihari di Gunung Paroe, Kabupaten Aceh Besar karena tiang listrik dan pohon kayu tumbang. Namun kini kondisi berangsur normal.

Kemudian di kilometer 84 tepatnya di Glee U Desa Kuala, Kecamatan Indra Jaya longsor batu kembali terjadi pada pukul 06.00 WIB. “Saat ini sudah ditanggulangi dan sudah kembali normal, warga dihimbau agar berhati-hati, terutama pada malam hari,” kata Kepala Humas Aceh Jaya, Sofyan.

Bupati Aceh Jaya, Azhar Abdurrahman juga merespon cepat kondisi lintas jalan Banda Aceh – Calang – Meulaboh. “Saya minta warga berhati-hati, hujan dan badai mengakibatkan jalan licin dan longsor,” katanya kepada acehterkini, Sabtu tadi.

“Badan Penanggulangan Bencana Aceh Jaya diharapkan segera memasang rambu-rambu dan kain merah pertanda bahaya dan waspada serta menyediakan alat berat di lokasi yang rawan akan terjadinya longsor sehingga ruas jalan tidak terganggung,” pinta Bupati Aceh Jaya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Aceh Jaya, Amren Sayuna mengatakan papan-papan peringatan sudah dipancangkan di lokasi yang rawan longsor, juga kain merah. Lokasi tersebut di kilometer 84, kilometer 93, kilometer 95 dan kilometer 104.

“Tadi banyak pohon kayu tumbang di Gunung Kulu dan Gunung Paroe, kini sudah diatasi setelah dipotong, lalu lintas kembali normal,” tutup Amren Sayuna sembari menghimbau warga berhati-hati dan tidak mengendarai kenderaan dengan kecepatan tinggi.

Sumber BMKG menyebutkan hujan akan terus mengguyur Aceh Jaya dengan kecepatan angin 34-36 km/jam. [hendra]

To Top